visitaaponce.com

Minim Lahan, Singapura bakal Hapus Lomba Pacuan Kuda

Minim Lahan, Singapura bakal Hapus Lomba Pacuan Kuda
Lomba pacuan kuda di Singapura(MOHD FYROL / AFP)

Di Singapura, lomba pacuan kuda sudah digelar sejak beradab silam, tepatnya 180 tahun yang lalu. Kini, pemerintah setempat berencana menghentikan lomba tersebut. Hal ini ditandai dengan menutup satu-satunya arena pacuan kuda di negara itu untuk selanjutnya dibangun untuk kawasan perumahan.

Singapore Turf Club (STC) mengatakan balapan terakhir, Grand Singapore Gold Cup ke-100, akan berlangsung pada Oktober tahun depan. Klub ini didirikan pada 1842 oleh seorang pedagang Skotlandia dan penggemar pacuan kuda lainnya. Arena balap saat ini di Kranji dibuka pada 2000, menggantikan trek lama di Bukit Timah.

"Kami sedih dengan keputusan pemerintah untuk menutup klub tersebut," kata ketua STC Niam Chiang Meng dalam siaran pers, seperti diwartakan AFP, Selasa (6/6)

“Pada saat yang sama, kami memahami kebutuhan tanah Singapura, termasuk perumahan dan penggunaan potensial lainnya seperti sarana untuk memanfaatkan waktu luang dan rekreasi,” tambahnya.

STC mengakui bahwa kehadiran penonton di arena balap kuda telah menurun selama dekade terakhir. “Pemilik dan pelatih kuda pacu akan selanjutnya ditawari dukungan untuk pemeliharaan dan ekspor kuda,” kata klub itu. Menurut media setempat, ada sekitar 700 kuda pacu di klub tersebut.

Tanah milik klub tersebut akan dikembalikan kepada pemerintah pada 2027 dan lahan seluas 120 hektar (300 hektar) itu akan digunakan untuk perumahan, termasuk perumahan umum.

"Singapura adalah negara kota dengan lahan terbatas," kata Kementerian Pembangunan Nasional dan Kementerian Keuangan dalam pernyataan bersama. “Pemerintah terus meninjau rencana penggunaan lahannya untuk memenuhi kebutuhan saat ini sambil memastikan tersedianya lahan yang cukup untuk generasi mendatang." (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat