visitaaponce.com

Microsoft akan Setop Layanan Cortana di Windows

Microsoft akan Setop Layanan Cortana di Windows 
Microsoft(AFP/Saul Loeb)

MICROSOFT akan menyetop layanan asisten virtual Cortana di Windows. Berdasarkan informasi yang ditemukan oleh XDA Developers dan Windows Central, Microsoft tidak lagi menggunakan Cortana di Windows sebagai aplikasi mandiri mulai akhir tahun ini.

Dilansir dari The Verge, penghentian Cortana di Windows sebetulanya tidak terlalu mengejutkan. Selama konferensi Build pada Mei lalu, Microsoft mengumumkan asisten virtual Windows Copilot barunya yang akan menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu pengguna. Asisten virtual baru disebut bisa melakukan banyak hal daripada Cortana, seperti meringkas konten, menulis ulang teks, mengajukan pertanyaan, menyesuaikan pengaturan komputer pengguna.

Baca juga: Microsoft Bakal Hadirkan Aplikasi Subsistem Windows di Lima Negara

Rangkaian alat kecerdasan Microsoft yang terus berkembang juga mencakup chatbot Bing dan Microsoft 365 Copilot. Meskipun Cortana akan hilang dari Windows, Microsoft mengatakan Cortana akan tetap tersedia di Outlook mobile, Microsoft Teams mobile, tampilan Teams, dan ruang Teams. Akan tetapi belum diketahui untuk berapa lama.

Diketahui, Microsoft pertama kali menghadirkan Cortana ke Windows 10 pada tahun 2015. Cortana membantu pengguna untuk mengatur pengingat, membuka aplikasi, dan mengajukan pertanyaan menggunakan perintah suara. 

Namun, selama bertahun-tahun, Microsoft secara bertahap menghapus Cortana dari Windows. Microsoft juga menutup aplikasi Cortana di iOS dan Android pada tahun 2020 dan mengakhiri dukungan untuk Cortana di headphone Surface dan perangkat lainnya.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat