visitaaponce.com

6 Hardisk Eksternal Terbaik 2024, Terkenal Awet

6 Hardisk Eksternal Terbaik 2024, Terkenal Awet
hardisk(freepik)

Hardisk eksternal terbaik menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang membutuhkan ruang penyimpanan besar. Sayangnya, hanya beberapa yang memiliki ketahanan hingga bertahun-tahun. 

Memang, keawetan durasi pemakaian itu tergantung pada pemakainya. Namun, pada kenyataannya, merek tertentu mempengaruhi durabilitas.  

Tidak sedikit yang mereview dan mengatakan secara terang-terangan, merek tertentu memiliki durabilitas lebih baik daripada yang lain.

Baca juga : Cara Download Aplikasi di Laptop Windows, Macbook, dan Chromebook

Pada kesempatan kali ini, kami akan merekomendasikan hardisk eksternal dengan keunggulan tahan lama, dengan harga standar.

Tentu saja masing-masing unggul di aspek tertentu. Selengkapnya mari simak dalam ulasan berikut, dan temukan yang paling sesuai tidak hanya di kantong, tetapi juga memenuhi kebutuhan spesifik kamu.

Hardisk Eksternal Terbaik

Hardisk yang kami rekomendasikan masuk ke dalam kategori bagus untuk penggunaan sehari-hari. Namun, tidak menutup kemungkinan memiliki keunggulan lain melebihi fungsi dasarnya.

Baca juga : Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows dan Macbook

1. Seagate New Expansion

Buat kaum mendang-mending, Seagate New Expansion bisa dijadikan opsi tepat. 

Nama “expansion” pada produk ini, sangat tepat menggambarkan hardisk yang tahan banting. Data tetap stabil, dan juga tangguh. Sangat cocok untuk kamu yang suka bepergian, semisal hunting foto atau edit video yang cukup memakan banyak ruang penyimpanan internal. 

Ukurannya yang mungil dengan panjang 6,35 cm, muat diselipkan dan tidak banyak makan tempat.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 di Laptop dan PC

Selain itu, hardisk memiliki kecepatan transfer tinggi. Semisal dalam situasi darurat sedang menyelamatkan komputer yang kepenuhan dan lelet, maka Seagate New Expansion ini bisa segera menjadi solusi terbaik. 

Meski kualitas sudah bagus, Seagate tetap memberikan garansi sebagai jaminan. Durasi garansi sangat panjang hingga 3 tahun. Harga untuk mendapatkan hardisk inipun tergolong murah,  sekitar Rp 900 ribuan untuk ukuran 1TB. Seagate juga menyediakan pilihan ruang penyimpanan hingga 5TB.

2. WD New My Passport

Rekomendasi kedua dari merek yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Dari pemula, professional hingga pebisnis pun sudah mempercayakan WD untuk urusan penyimpanan. 

Baca juga : Berbagai Cara Mengunci Folder Laptop dan HP

Untuk penggunaan sehari-hari, varian New My Passport dapat diandalkan. Kapasitas 1TB sangat cukup untuk menyimpan segala bentuk data penting milik kamu. Tidak hanya data dari komputer Windows, tetapi Chrome OS dan juga macOS. 

Salah satunya pada kecepatan transfer yang mencapai 5Gb/s atau 5.000Mb data per detik. Selain cepat memindahkan data dari memori internal, sistem hardisk sudah dilengkapi dengan pengaturan kata sandi agar hardisk kamu tidak bisa dibuka sembarang orang.

Aspek lain seperti bodi yang slim juga banyak disukai oleh penggunanya. Berukuran panjang 10,7 cm untuk WD New My Passport berkapasitas 1TB.

Baca juga : Dua Cara Refresh Laptop dan Komputer agar tidak Lemot

Harganya sama dengan hardisk keluaran Seagate yang kami rekomendasikan sebelumnya, yaitu yang bisa kamu beli di harga Rp 900 ribuan. 

Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki, tidak sedikit yang awalnya berniat membeli Seagate New Expansion karena terkenal murah, kemudian mempertimbangkan WD New My Passport.

Terlebih, WD merupakan perusahaan yang memang bergelut di bidang penyimpanan data eksternal sejak tahun 1970-an, sehingga pengalamannya dalam memproduksi hardisk berkualitas sudah tidak diragukan lagi.

Baca juga : KTB Umumkan Pemenang Kompetisi Foto dan Video Fuso Canter 60th Anniversary

3. Toshiba Canvio

Hardisk eksternal terbaik dari Toshiba layak kamu pertimbangkan. Harganya mulai dari Rp 800 ribuan, dan kamu akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sekitar 1TB.

Dengan selisih harga yang lumayan dibanding dua rekomendasi sebelumnya, bisa kami katakan hardisk Toshiba ini lebih cocok untuk perangkat komputer PC dengan sistem operasi Windows 7. Pasalnya, sangat jarang hardisk yang bisa mendukung transfer data dari sistem operasi jadul tersebut.

Ya, apabila kamu sering mengurus keperluan kantor menggunakan komputer jadul, Toshiba Canvio cukup andal sebagai tempat backup data. Mendukung koneksi USB 3.0 dan juga USB 2.0 (USB keluaran lama tahun 2000). 

Baca juga : Crucial Rilis SSD NVME Consumer Gen5, Diklaim Tercepat di Dunia

Selain itu, untuk kamu yang sering bergelut dengan sistem operasi selain Windows, sebaiknya membeli hardisk Toshiba varian lain. Hanya saja, harganya mungkin lebih tinggi dari harga hardisk sekelasnya.

4. Transcend 25M3

Beberapa orang menyukai Transcend 25M3 karena desainnya yang penuh gaya dan trendi dengan varian warna  hijau militer dan abu-abu besi.

Tidak hanya ganteng, hard drive portable ini juga khusus dirancang bagi kamu yang memiliki aktivitas gerak cukup tinggi. Semisal, kamu harus dinas ke berbagai tempat dalam satu waktu, bekerja di lingkungan yang cukup menantang jika harus meletakkan gadget di sekitar, atau naik-turun kendaraan di mana perangkat teknologi ditaruh di bagasi yang membuatnya rentan rusak.

Baca juga : Multimedia terkait Pengertian, Kategori, Komponen, dan Penerapannya

Transcend 25M3 ini memiliki sistem perlindungan terhadap guncangan yang sangat baik. Telah lulus uji jatuh angkutan militer AS MIL-STD-810G sehingga mampu melindungi data kamu sepenuhnya. Juga dilengkapi peredam suspensi yang efektif penyerap guncangan internal, casing karet silikon, dan casing keras yang lebih kuat.

Hanya saja, sistem perlindungan tersebut memperpanjang ukuran hardisk hampir 13 cm. Namun tenang saja, karena ukuran tersebut masih tergolong travel-friendly.

Selain daya banting yang sangat baik, konektornya telah lulus uji colok-cabut 10.000 kali. Kelebihan lainnya, sistem hardisk sudah support sistem operasi yang lebih lengkap daripada varian lain. Mulai dari  Linux Kernel 2.6.31, Windows 7, 8, 10, Mac OS X 10.7 atau versi OS bawahnya.
Untuk kapasitasnya sampai 4TB, dengan penyimpanan 1TB dibanderol pada harga Rp 1,1 jutaan. 

Baca juga : Cussons Bintang Kecil 2022 Himpun Ratusan Ribu Cerita Inspiratif Ibu dan Anak

5. ADATA HD770G External Hard Drive

ADATA menawarkan hardisk lebih kece dari Transcend 25M3. Bergaya maskulin dengan beberapa sentuhan manis pencahayaan RGB.

Hardisk eksternal dengan kapasitas hingga 1TB ini, memiliki kecepatan transfer data yang cepat untuk menyimpan semua game dan data yang ada di PC kamu. 

Tidak hanya menyimpan, hardisk ini memiliki kemampuan menjaga dengan sangat baik karena sudah tersertifikasi MIL-STD-810G 516.6 yang mampu bertahan saat terjatuh dari ketinggian 1,22 meter.

Baca juga : Cara Mematikan Laptop di Windows

Daya tahan tersebut berasal dari perlindungan tiga lapisan yang terdiri dari casing silikon penyerap guncangan, penyangga kokoh, dan dudukan hard drive yang empuk.

Selain tahan guncangan, hardisk juga tahan terhadap debu dan juga air. Membuat kamu bebas khawatir menyimpannya sembarangan.

Dengan kemampuan luar biasa yang dimiliki, hardisk dari ADATA ini dijual dengan harga standar saja, mulai dari Rp 900 ribuan.

Baca juga : Google Play Game Sudah Bisa Dimainkan di PC

6. LaCie Rugged Mini Hardisk Eksternal

Kalangan profesional kreatif telah banyak yang membuktikan kualitas hardisk LaCie. Hardisk dibuat dengan desain yang elegan karya produk desainer ternama, Neil Poulton. Ukurannya pun sangat dinamis berukuran 13,5 cm, dengan bobor 500gr. 

Di balik desain yang ciamik, hardisk memiliki performa yang baik. Perangkat ini sudah kompatibel dengan USB 2.0, USB 3.0, dan juga Type-C. Konektor tersebut bisa dicolokkan pada sistem operasi Windows (7 dan terbaru) dan juga Mac OS (10.5 dan terbaru). 

Dibanding lainnya, LaCie Rugged Mini terbilang mahal. Untuk memori 1TB seharga Rp 1,4 jutaan. 

Itulah tadi hardisk eksternal terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Sudah menentukan hardisk terbaik untuk menyimpan semua data memori kamu?

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Esa tanjung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat