visitaaponce.com

Cara Mematikan Laptop di Windows

Cara Mematikan Laptop di Windows
Laptop.(AFP/Fabrice Coffrini.)

PERNAHKAH kamu mengalami situasi mematikan laptop secara paksa (force shutdown)? Jika iya berarti kamu melakukan hal yang fatal. 

Mematikan laptop secara paksa bisa membuat prosesor dan memori cepat rusak. Untuk lebih jelasnya simak bahaya mematikan laptop sebagai berikut. 

Prosesor rusak

Bahaya mematikan laptop sembarangan yang pertama ialah timbulnya kerusakan pada prosesor. Ketika laptop dimatikan, heatsink akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan prosesor.

Baca juga: Langkah-Langkah Merakit Komputer Sendiri

Semakin sering laptop dimatikan secara paksa, proses pendinginan jadi semakin tidak optimal. Hal ini bisa memicu kerusakan pada procesor.

Memori RAM rusak

Selain prosesor, memori RAM berpotensi rusak apabila laptop sering dimatikan secara paksa. Ketika komputer dimatikan, sistem memori harus dikosongkan.

Namun, pengosongan ini takkan bisa terjadi dengan efektif apabila kamu sering mematikan laptop secara paksa. Banyak program yang masih berjalan dan membutuhkan memori. Untuk itu, memori RAM jadi cepat rusak.

Hardisk rusak

Apabila kamu sering sembarangan mematikan laptop, hardisk akan menjadi bad sector. Hal ini membuat umur hardisk menjadi lebih pendek dan cepat rusak.

Registry berantakan

Dalam proses shut down, laptop biasanya akan meregistrasi ulang komponen yang digunakan beserta software dan datanya. Semua akan disimpan di registry.

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Persiapan Merakit Komputer Sendiri

Apabila kamu sering mematikan laptop secara paksa, proses ini jadi berantakan. Begitu pula dengan registry.

Power supply bermasalah

Bahaya mematikan laptop sembarangan lain ialah timbulnya masalah pada power supply. Ketika shut down dilakukan sembarangan dan mendadak, arus power supply akan mati mendadak. Hal ini bisa memicu masalah pada power supply.

Sebenarnya ada banyak cara mematikan laptop baik dengan keyboard atau mouse. Kebanyakan dari kita tahu cara mematikan PC atau laptop bisa dengan kursor mouse dan tekan tombol Windows lalu pilih Shutdown. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan laptop dengan keyboard.

Lantas, bagaimana cara mematikan laptop yang benar agar tidak cepat rusak? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasan berikut.

Mematikan laptop dengan menggunakan Alt + F4

Jika kamu tidak ingin mematikan laptop menggunakan touchpad atau mouse, dapat menekan Alt + F4. Menekan tombol ini akan secara otomatis menutup jendela aplikasi hingga tidak ada lagi jendela yang terbuka. Setelah itu, tombol kombinasi ini akan langsung digunakan untuk mematikan laptop dengan cepat.

Windows dan matikan

Cara ini sering digunakan ketika seseorang kesulitan mematikan laptop atau komputernya. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol Windows di keyboard lalu pilih logo penutup dengan ikon panah di keyboard-mu, bukan mouse atau touchpad. Terakhir, klik Matikan.

Mematikan laptop menggunakan CTRL + Alt + Del

Cara mematikan laptop selanjutnya ialah kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del. Kombinasi untuk mematikan laptop ini sangat populer dan bisa dilakukan meski dengan jendela terbuka. 

Kamu dapat menekan kombinasi tombol ini untuk mengakses pengaturan Shut down, Restart, dan Sleep dengan cepat. Setelah itu, kamu bisa langsung mematikan laptop dengan memilih Shutdown.

Mematikan laptop menggunakan Command Prompt

Jika ingin tampil tech savvy, cara mematikan laptop berikut mungkin bisa menjadi pilihan. Mematikan laptop dari command prompt dapat dilakukan dengan menggunakan sintaks panel CMD tertentu.

Kita hanya membutuhkan beberapa perintah berupa syntax untuk mematikan laptop secara otomatis dengan menggunakan pemrograman Windows. Cara ini bisa dilakukan dengan mengetikkan shutdown -s di CMD lalu tekan Enter pada keyboard kemudian klik Shutdown. Setelah itu, laptop akan mati secara otomatis.

Kombinasi tombol Win + U + U

Berbeda dengan yang telah dibahas, metode ini hanya bisa digunakan pada Windows versi Windows XP. Trik ini dilakukan dengan menekan tombol Windows pada keyboard kemudian menekan huruf U dua kali. Ini mematikan laptop.

Nah, itulah tadi beberapa cara mematikan laptop dengan cepat dan aman tanpa ada cara manual yaitu menekan logo Windows (Start) kemudian klik perintah Shutdown satu per satu. Cara di atas bisa kamu gunakan untuk menutup laptop lebih cepat. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat