visitaaponce.com

Multimedia terkait Pengertian, Kategori, Komponen, dan Penerapannya

Multimedia terkait Pengertian, Kategori, Komponen, dan Penerapannya
Sejumlah siswa jurusan multimedia menyelesaikan pembuatan film animasi di studio komputer SMK Bhumi Phala, Parakan, Jateng.(Antara/Anis Efizudin.)

DI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Multimedia, para siswa akan mempelajari desain multimedia. Karenanya, tulisan ini akan menyampaikan pengertian multimedia, kategori multimedia, dan media yang digunakan.

Simak baik-baik ya pembahasan tentang multimedia di bawah ini. Bahasan ini dikutip dari buku pelajaran Desain Multimedia 1 untuk SMK-MAK Kelas XI karya Nanik Sri Rahayu.

Pengertian multimedia 

Multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium. Multi berarti bermacam-macam atau banyak. Medium berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Secara terminologi (menurut istilah) multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan 
informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.

Baca juga: Jenis, Manfaat, dan Sumber Pendanaan Kewirausahaan

Ada beberapa definisi menurut para ahli.

a. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
b. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996).
c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2001).
d. Multimedia dalam konteks komputer Hofstetter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Baca juga: Langkah-Langkah Merakit Komputer Sendiri

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan multimedia adalah penggunaan beberapa media untuk membawa, menyajikan dan mempresentasikan informasi dalam rupa teks, grafik, animasi, audio, video secara kreatif dan inovatif. Multimedia juga dapat memungkinkan terjalinnya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya.

Kategori multimedia

Multimedia dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu multimedia content production dan multimedia communication.

a. Multimedia content production.

Multimedia adalah penggunaan dan pemprosesan beberapa media (teks, audio, grafik, animasi, video, dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, 
film, gim, entertainment, dan lain-lain) atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda sehingga memungkinkan menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara baru untuk 
tujuan komunikasi.

Baca juga: Memahami Prinsip Tata Letak atau Lay Out dalam Desain Grafis

Dalam kategori ini media yang digunakan yaitu:

1. Media teks.
2. Media audio.
3. Media video.
4. Media animasi.
5. Media graph/image.
6. Media interactivity.
7. Media special effect.

b. Multimedia communication.

Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan internet untuk memublikasikan/menyiarkan/mengomunikasikan material advertising (iklan), publicity (publisitas), entertainment (hiburan), news (berita), dan education (edukasi). Dalam kategori ini media yang digunakan yaitu:

Baca juga: Publikasi dan Pembuatan Produk Media Interaktif serta Evaluasinya

1. Televisi (TV). 
2. Radio. 
3. Film. 
4. Cetak. 
5. Musik. 
6. Gim. 
7. Entertainment. 
8. Tutorial. 
9. ICT (internet).

Komponen multimedia

Komponen multimedia berupa teks, grafik, audio, video, animasi. Berikut penjelasannya.

a. Teks.

Tampilan dalam bentuk teks atau yang lebih dikenal dengan istilah tipografi merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia. Sebagian besar multimedia menggunakan teks karena sangat efektif untuk menyampaikan ide dan panduan kepada pengguna. Teks merupakan bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali serta file teks mempunyai struktur yang sederhana. Teks biasanya mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan.

Baca juga: Pemrograman pada Multimedia Interaktif, Penerapan dan Mekanisme Pengolahan Data

b. Grafik (gambar).

Grafik atau gambar merupakan sarana pembentukan informasi yang lebih mudah untuk dipahami. Gambar juga merupakan salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia selalu berorientasi terhadap visual.

c. Audio.

Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi. Tanpa audio dalam suatu multimedia, hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record, dan efek–efek suara lain.

d. Video.

Video adalah gambar–gambar yang saling berurutan sehingga menimbulkan efek gerak. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.

e. Animasi.

Animasi merupakan kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Pergerakan animasi akan lebih mudah dimengerti daripada objek atau gambar diam. Selain itu, animasi lebih menarik dan mudah dimengerti daripada hanya gambar karena lebih komunikatif dalam menyampaikan suatu tujuan.

Penerapan multimedia

Multimedia dapat digunakan pada semua bidang kehidupan manusia. Apalagi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang memungkinkan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan setiap orang. Contoh paling dekat takni televisi, radio, handphone (telepon genggam), dan komputer.

Baca juga: Style Produk Multimedia Interaktif dan Evaluasinya

Berikut penerapan multimedia, menurut Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia.

a. Bisnis.

Aplikasi multimedia dalam bisnis meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, catalog, instant message, dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video conference yang memungkinkan tatap muka tanpa harus berada di suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan-perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.

b. Pendidikan. 

Aplikasi multimedia dalam bidang ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif. Artinya, proses belajar mengajar tidak terlalu monoton seperti selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya, aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak-anak. Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lain.

c. Rumah.

Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya, komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. Terdapat juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur multimedia, seperti Sega, Nintendo, Playstation, dan X-box. Semua permainan tersebut menggunakan elemen-elemen multimedia.

d. Tempat umum.

Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, dan pusat hiburan. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat dalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.

Glosarium

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.

Estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya.

Ilustrasi merupakan seni membuat gambar yang berfungsi memperjelas dan menerangkan naskah. 

Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.

Sketsa, gambar kasar, bersifat sementara, baik di kertas maupun kanvas dengan tujuan dikerjakan lebih lanjut sebagai lukisan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat