visitaaponce.com

Publikasi dan Pembuatan Produk Media Interaktif serta Evaluasinya

DALAM pelajaran desain media interaktif, para siswa Kelas XII SMK Multimedia diajarkan tentang publikasi multimedia interaktif. Berikut penjelasan lebih rincinya. 

Pengertian

Publikasi media interaktif merupakan perantara dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis sistem komputer yang mengacu pada produk dan layanan digital. Ini untuk merespons tindakan pengguna dengan melibatkan komponen multimedia seperti teks, gambar, animasi, video, dan audio yang dikemas dalam suatu media.

Baca juga: Pemrograman pada Multimedia Interaktif, Penerapan dan Mekanisme Pengolahan Data 

Langkah terakhir dari pembuatan multimedia interaktif adalah pubilkasi dengan menjadikan produk yang dibuat menjadi aplikasi yang dapat dijalankan di komputer pengguna. Jenis publikasi multimedia interaktif antara lain publikasi output, publikasi aplikasi untuk desktop, dan publikasi aplikasi berbasis Android. 

Pembuatan produk multimedia interaktif 

Produk adalah hasil produksi yang dilakukan oleh produsen atau perusahaan yang nanti dijual kepada konsumen yang membutuhkan. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat multimedia interaktif agar menjadi menarik, antara lain menentukan proyek dan tujuan dari proyek, memahami audiens, desain informasi, desain tampilan.

Baca juga: Apakah Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan Hidup atau K3LH? 

Evaluasi produk media interaktif 

Evaluasi adalah proses saat keberhasilan yang dicapai telah dibandingkan dengan seperangkat keberhasilan yang diharapkan. 

Beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam melakukan evaluasi multimedia interaktif yaitu tujuan evaluasi, strategi evaluasi, rencana evaluasi, pengukuran validitas, pengembangan instrumen, analisis dan pengumpulan data. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat