visitaaponce.com

Asisten Virtual AI Talita Revolusi Akses Informasi Internal

Asisten Virtual AI Talita Revolusi Akses Informasi Internal
Bayu Hanantasena.(Dokpri)

SALAH satu inisiatif digital Lintasarta pada 2023 ialah Talita. Ini menandakan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan keunggulan teknologi. Talita sebagai asisten virtual AI perusahaan yang berasal dari akronim Tanya Lintasarta atau Talk to Lintasarta dirancang untuk merevolusi akses informasi internal bagi karyawan serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

"Integrasi Talita tidak hanya menyederhanakan operasi internal, tetapi juga berdampak positif pada pengalaman karyawan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan. Ini menjadi awal dari perjalanan berbasis artificial intelligence (AI) kami," kata Bayu Hanantasena, Presiden Direktur & CEO Lintasarta, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3).

Talita menyederhanakan akses ke berbagai informasi internal yang penting, mulai dari manajemen data perusahaan hingga proses bisnis. Di antara informasi interaktif yang disediakan Talita termasuk instruksi kerja untuk produk Lintasarta, aplikasi internal, infrastruktur IT, penyusunan email internal dan eksternal, desain slide presentasi, rekomendasi, pembuatan kuis untuk sesi pelatihan, tips & trik IT/jaringan, sesrta dukungan untuk berbagai bahasa.

Baca juga : LG Siap Luncurkan 'Smart Home AI Agent' pada Ajang CES 2024 di Las Vegas, AS

Selain itu, untuk mempersiapkan karyawan beralih ke proses bisnis sehari-hari dengan asisten virtual, Lintasarta mengatasi potensi hambatan untuk berubah dengan menerapkan program pelatihan komprehensif dan support system di internal. Berbagai dukungan ini membuat performa tim internal lebih maksimal dalam memberikan pelayanan ke pelanggan.  

"Para pelanggan menjadi salah satu pihak yang merasakan dampak dari sisi efektivitas kerja melalui pemanfaatan Talita. Talita mampu menarik informasi dari berbagai sumber di internal, memungkinkan pengguna bisnis memperoleh informasi komprehensif dari satu sistem dan membantu tim internal kami meningkatkan kecepatan dan kualitas aktivitas harian untuk para pelanggan. Selain itu, asisten virtual kami telah mengurangi jumlah tiket untuk pertanyaan dan kebutuhan penjelasan kepada tim IT sekitar 30%," tutur Bayu.

Saat ini, integrasi di seluruh departemen telah menghasilkan penurunan signifikan dalam waktu yang dihabiskan karyawan untuk mencari informasi dan meningkatkan produktivitas karyawan. Talita juga memiliki kemampuan untuk memberikan informasi interaktif terkait kebijakan internal dan membantu karyawan membuat keputusan dalam waktu lebih singkat, sehingga memfasilitasi pemahaman yang lebih cepat terhadap kebijakan internal perusahaan. Fitur Speech-to-Text juga membuat interaksi pengguna dengan Talita lebih mudah. Kini, karyawan dapat mengandalkan asisten virtual ini untuk memberikan informasi yang tepat dan terkini.

Tidak mengherankan, perusahaan information and communication technology (ICT) total solution itu menjadi pemenang di Asian Telecom Awards 2024 pada kategori Technology Innovation of the Year Indonesia terkait Talita. "Kami harap komitmen tim untuk meningkatkan pengalaman kerja karyawan melalui asisten virtual dapat terus berperan penting dalam memberikan kontribusi maksimal bagi masyarakat," tutup Bayu. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat