visitaaponce.com

Olahraga Teratur Terbukti dapat Meningkatkan Toleransi Terhadap Rasa Sakit

Olahraga Teratur Terbukti dapat Meningkatkan Toleransi Terhadap Rasa Sakit
Olahraga Teratur Terbukti dapat Meningkatkan Toleransi Terhadap Rasa Sakit(unsplash.com/Meghan Holmes)

Para peneliti baru saja menemukan satu manfaat lain dari olahraga yang rutin dilakukan, yaitu dapat meningkatkan ambang rasa sakit.

Peneliti dari beberapa institusi di Norwegia ini mempelajari 10.732 orang dewasa, dengan dua kumpulan data yang diambil dalam rentang waktu 7-8 tahun. Data membandingkan rutinitas olahraga dengan toleransi rasa sakit, yang diukur melalui tes cold pressor, atau cpt, di mana responden mencelupkan tangan ke dalam air dingin selama mungkin, hingga waktu toleransi maksimum 106 detik.

Hasilnya cukup konsisten, mereka yang lebih rutin berolahraga lebih baik dalam menangani rasa sakit dari air dingin untuk waktu yang lebih lama, dan mereka yang meningkatkan tingkat aktivitas olahraga mereka pada dua waktu survei studi juga meningkatkan ambang rasa sakit mereka.

"Menjadi aktif secara fisik pada salah satu dari dua titik waktu yang diukur pada interval 7-8 tahun dikaitkan dengan toleransi rasa sakit yang lebih tinggi dibandingkan dengan tidak banyak bergerak pada kedua titik waktu tersebut," tulis para peneliti dalam studi yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE ini, seperti dikutip dari situs Science Alert, Sabtu (10/6).

Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang melaporkan aktivitas fisik teratur tingkat ringan membuat tangan mereka tahan terendam air es rata-rata 6,7 detik lebih lama daripada mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Bagi mereka yang secara teratur melakukan aktivitas fisik yang berat, durasinya mencapai 16,3 detik.  Bagi peserta yang mencatat tingkat olahraga tinggi di kedua titik survei, rata-ratanya mencapai 20,4 detik. (M-3)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat