visitaaponce.com

Yuk Rawat Perhiasan Perakmu Pakai Bahan di Dapur

Yuk Rawat Perhiasan Perakmu Pakai Bahan di Dapur
Kalung perak berpadu giok(ANTARA FOTO/Ari Bowo S)

SETIAP perhiasan sejatinya untuk mempercantik penampilan. Agar perhiasan tetap terlihat bagus, sebaiknya dibersihkan secara berkala. Perawatan secara rutin ini juga harus dilakukan untuk perhiasan perak. 

Perak yang awalnya memiliki kualitas baik dengan warna cerah dan berkilau, lama kelamaan warnanya akan memudar sampai berubah menjadi abu-abu gelap atau hitam. Selain itu, noda dari perak dapat juga menular ke pakaian. Sebab itu, Anda harus membersihkannya secara teratur.

Perak memudar dari waktu ke waktu sebagai akibat reaksi kimia antara logam dalam bahan dan kelembapan. Belerang yang secara alami ada di udara juga dapat mengubah warnanya, seperti halnya beberapa kosmetik, parfum dan tabir surya.

Nah, ada beberapa cara loh untuk membersihkan perhiasan perak, mulai dari menggunakan produk rumah tangga yang ramah lingkungan seperti soda bikarbonat dan bahkan cola dapat menghilangkan tampilan kusam dari perak.

Baca juga: Pertama di Indonesia, iBank Produksi Kartu Emas dan Perak

Lalu, bagaimana cara membersihkan cincin, anting, dan gelang perak?

Potongan perhiasan yang rumit membutuhkan kejelian dalam perawatan, terutama jika perhiasan memiliki mutiara. Disarankan untuk menggunakan pembersih krim, kain pemoles perak atau metode DIY sederhana di bawah ini:

1. Buatlah pasta dari campuran baking soda dan air bersih secukupnya. Kemudian oleskan pada perhiasan perak Anda, lakukan dengan hati-hati agar mutiara tidak rusak.

2. Gosokkan pasta ke perak dengan kain bebas serat atau kain mikrofiber sampai warna perak terlihat berkilau kembali. Sikat gigi yang lembut menjadi salah satu alat yang berguna untuk masuk ke area rumit perhiasan perak yang sulit dijangkau.

3. Bilas pasta dengan air bersih dan gosok dengan kain lembut kering bebas serabut untuk menghilangkan noda yang tersisa.(Thegoodhousekeeping/M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat