visitaaponce.com

Ribuan Pemuda Katolik Hadiri Hari Pemuda Sedunia di Lisbon Portugal

Pertemuan pemuda katolik terbesar di dunia yang juga dikenal sebagai Hari Pemuda Sedunia, dimulai di Lisbon, Selasa (1/8). Ribuan umat katolik, yang didominasi kaum muda dari seluruh dunia, telah hadir di ibu kota Portugal itu, sehari sebelum Paus Francis tiba.

Sekitar 300 ribu orang diperkirakan akan menghadiri misa pembukaan pada pukul 19:00 (1800 GMT) di Taman Eduardo VII di lereng bukit, yang menawarkan pemandangan kota Lisbon dan sungai Tagus. Peziarah berkeliaran di sekitar Lisbon menjelang misa, mengibarkan bendera nasional masing-masing dan menyanyikan lagu religi dari negara asal mereka.

“Ini akan menjadi pertemuan luar biasa, semua pemuda Katolik berkumpul bersama,” kata Gabriel Forestier, seorang insinyur berusia 28 tahun dari Amiens di Prancis utara.

Paus Francis akan tiba di Lisbon pada Rabu pagi untuk merayakan Hari Pemuda Sedunia, yang sebenarnya merupakan pekan acara keagamaan, budaya yang diadakan setiap tiga tahun di kota yang berbeda.

Pemimpin Katolik berusia 86 tahun itu menurut standar Gereja adalah paus paling liberal dalam beberapa dekade dan sangat populer di kalangan kaum muda.

Selama masa kepausannya, Francis telah mencoba untuk menciptakan gereja yang lebih welas asih, menjangkau komunitas LGBT dan berbicara terus terang kepada kaum muda tentang aborsi, perceraian, dan identitas gender.

Di Portugal, dia memiliki jadwal yang padat untuk kunjungan lima harinya, meskipun telah menghabiskan sembilan malam di rumah sakit setelah menjalani operasi hernia pada Juni lalu.

Francis, paus Amerika Latin pertama, akan membuat 11 pernyataan publik dan mengadakan banyak pertemuan, dan pada hari Sabtu nanti akan mengunjungi tempat suci Fatima di utara Lisbon.

Pihak penyelenggara mengharapkan satu juta umat akan menghadiri misa penutupan acara yang diadakan oleh Paus pada Minggu di taman tepi sungai di pinggiran Lisbon. (AFP/M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat