visitaaponce.com

Rekam Obesitas dari Sudut Pandang Berbeda

Rekam Obesitas dari Sudut Pandang Berbeda
Cover buku Bagaimana Cara Mengurangi Berat Badan.(Dok. Penerbit Banana)

BAGAIMANA Cara Mengurangi Berat Badan. Jika hanya sekilas membaca judul buku yang ditulis Amalia Yunus itu, mungkin akan dikira sebagai karya ilmiah dengan isi kiat-kiat menurunkan berat badan dan mencapai berat badan yang ideal. Namun, kenyataannya tidak demikian. Buku ini merupakan novel fiksi yang menyampaikan tentang obesitas dari sudut pandang berbeda.

Novel ini bercerita tentang perempuan berusia 20 tahun yang menderita morbid obesity. Perempuan tersebut divonis dokter hanya dapat bertahan hidup 2 tahun lagi.

Dokter lantas menyarankan perempuan itu untuk melakukan operasi bariatrik dengan memaparkan juga risikonya. Alih-alih melakukan usulan dokter, perempuan itu menemukan cara lain untuk menurunkan berat badan, yakni mengikuti reality show XXXL. Reality show ini memang diawasi ahli yang membantu mengatasi obesitas. Namun, di balik itu semua, ternyata tak berjalan mudah.

Sang pacar tidak setuju atas keikutsertaannya pada program reality show itu hingga terjadi perundungan. Konsekuensi berikutnya mengikuti program ini ialah tokoh utama akan menjadi konsumsi publik yang berujung pada perundungan di media sosial.

Novel ini menghadirkan apa yang dirasakan oleh tokoh utama, baik secara fisik maupun mental, ketika berjuang menurunkan berat badan. Penulis juga menggambarkan bagaimana lingkungan terdekat yang berperan penting saat kita menghadapi situasi-situasi sulit justru pergi di saat kita benar-benar membutuhkan. Pada akhirnya, tokoh utamalah yang bisa melakukan perubahan ke arah perbaikan.

Melalui buku ini, Amalia ingin merekam obesitas menjadi masalah yang mendera banyak orang pada beberapa tahun terakhir ini. Ia ingin pembaca tahu bahwa obesitas perlu diperhatikan dengan serius. Selain itu, Amalia melihat obesitas bukan persoalan yang dialami individu. Ada hal lain yang bersifat sistemik yang menyebabkan obesitas, seperti lingkungan keluarga dan tempat tinggal.

"Obesitas itu bukan individu yang kita salahkan, tapi itu masalah sistemik yang aku pengen kita bahas melalui buku ini," kata Amalia saat sesi live streaming bersama Buibu Baca Buku Book Club, beberapa waktu lalu.

Amalia pun ingin merekam perihal fenomena konten yang dianggap 'dewa' di media sosial dan televisi untuk mencari rating dan angka engagement. Dewasa ini, ia melihat segala hal akan dieksploitasi menjadi konten yang terkadang tidak memiliki batasan. Imbasnya, konten tanpa batasan itu menimbulkan perundungan, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Dua fenomena ini kemudian diceritakan dengan apik oleh Amalia. Awalnya naskah tersebut berjudul Berat, yang lantas berhasil meraih juara kedua sayembara Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2021. Ia pun terpacu untuk membuat naskah tersebut menjadi novel dengan penyesuaian judul menjadi Bagaimana Cara Mengurangi Berat Badan. Ide novel yang telah bermukim di kepalanya jauh-jauh hari kemudian dituangkan ke sebuah buku.

"Naskah buku ini aku tulis setelah pengumuman sayambera. Tapi, dari topiknya, asal mula ceritanya, jauh dari sebelum sayembara ini," ungkapnya.

Bagaimana Cara Mengurangi Berat Badan tergolong tipis sebagai novel dengan 164 halaman. Jadi, tidak membutuhkan waktu lama untuk melahap buku ini.

Amalia mengaku 164 halaman sudah cukup untuk menggambarkan realitas yang ada dan menyampaikan pesan tentang obesitas. Sebenarnya ia ingin mengembangkan sejumlah bagian dalam buku ini. Namun, ia khawatir akan membuat buku ini terasa panjang dan pesannya tidak sampai ke pembaca.

"Setelah buku ini selesai dan lihat lagi ada waktu dua bulan sebelum sayembara. Tapi, aku putuskan tidak menambahkan lagi dan cukup begini saja," pungkasnya.(Faj/M-4)

 

Judul: Bagaimana Cara Mengurangi Berat Badan

Penulis: Amalia Yunus

Penerbit: Penerbit Banana

Jumlah Halaman: 164 halaman

Tahun Publikasi: 2023

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat