visitaaponce.com

Ingin Punya Rambut Sehat Yuk Konsumsi Makanan Ini

Ingin Punya Rambut Sehat? Yuk Konsumsi Makanan Ini
makanan sehat bisa memperkuat rambut(ilustrasi)

PERAWATAN agar rambut tetap sehat dan terjaga kekuatannya bukan hanya dengan rutin keramas dan menggunakan produk perawatan lainnya, tetapi juga butuh sokongan dari dalam yakni makanan.

"Pola makan memberi rambut Anda bahan untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan rambut yang sehat,” kata seorang ahli diet Dawn Jackson Blatner.

“Dengan nutrisi yang tepat, rambut bisa kuat dan berkilau. Jika rambut Anda menipis, kering, atau rapuh, ini bisa menjadi petunjuk bahwa pola makan dan gaya hidup Anda perlu disesuaikan," lanjutnya.

Melansir dari situs Shape, berikut beberapa makanan terbaik untuk membantu membuat rambut menjadi sehat dan tebal:

1. Telur

Telur kaya akan sumber protein dan juga kaya akan biotin yang menguatkan rambut. Pilihan makanan kaya biotin lainnya ialah hati sapi, salmon.

“Biotin adalah nutrisi yang meningkatkan produksi keratin, protein yang dibutuhkan untuk membantu menjaga kuku tetap kuat dan membantu pertumbuhan rambut,” ucap Bonnie Taub-Dix, R.D., ahli gizi dan ahli diet.

2. Strawberry

Strawberry kaya akan vitamin C, antioksidan yang melindungi folikel rambut. Pilihan pangan yang kaya vitamin C seperti kiwi, brokoli dan jeruk.

"Vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen. Fungsi kolagen ini yang mampu menguatkan rambut dan mencegah kerapuhan," kata Taub-Dix.

3. Ikan Salmon

Perbanyak konsumsi lemak sehat dalam salmon untuk menjaga rambut Anda ekstra berkilau. Pilihan kaya omega-3 lainnya ialah biji rami, kenari, biji chia.

“Ikan, terutama ikan berlemak, kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan jantung dan juga rambut Anda. Lemak ini membantu menjaga rambut Anda tetap lembut,” ungkap Taub-Dix. 

4. Kacang Almond

Almond merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan rambut. 

“Almond mengandung protein dan vitamin E yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut,” tutur Taub-Dix. 

Lemak sehat dan protein dalam almond memiliki efek langsung pada pertumbuhan dan kekuatan rambut, sementara vitamin E, antioksidan kuat, menjaga lemak di rambut dan dapat mencegah kerontokan rambut.

Vitamin E, lemak sehat, dan protein dalam almond bekerja sama untuk menutrisi folikel rambut dan mendorong pertumbuhan, sehingga menghasilkan rambut tebal dan sehat. Pilihan kaya vitamin E lainnya ialah bayam, biji bunga matahari, kacang tanah.

5. Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi penting, seperti lemak sehat dan vitamin D. Blatner-Jackson menjelaskan vitamin D dalam alpukat dapat menciptakan folikel rambut baru untuk meningkatkan ketebalan rambut. Vitamin D biasanya dibuat di dalam tubuh melalui paparan sinar matahari, jadi penting untuk mengonsumsi makanan vitamin D saat Anda tidak terlalu sering berada di luar ruangan.

"Alpukat menyediakan minyak alami untuk menjaga rambut terasa lembut dan membantu rambut mempertahankan kelembapan,” ujar Taub-Dix.

Pilihan kaya vitamin D lainnya ialah ikan tuna atau produk susu.

6. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau sangat baik untuk pencernaan dan kulit yang bercahaya, serta rambut yang kuat.

“Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, mengandung folat dan zat besi, yang penting untuk menjaga suplai darah yang sehat ke rambut Anda,” jelas Taub-Dix, R.D. 

Penelitian menunjukkan zat besi terlibat dalam banyak proses di dalam folikel rambut, yang menjelaskan penyebab rambut rontok yaitu kekurangan zat besi. Pilihan kaya zat besi lainnya yaitu daging, ikan, unggas.

7. Kacang-kacangan

Lentil adalah sumber protein makanan yang baik, yang memberikan struktur pada rambut. Di dalam tubuh, protein dipecah menjadi biotin, yang mendukung kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

“Sertakan protein setiap kali makan dan ngemil untuk menjaga folikel rambut tetap kuat,” saran Blatner-Jackson, R.D.

Usahakan untuk memasukkan berbagai sumber protein ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan keseimbangan asam amino, bahan penyusun protein yang dapat membuat rambut sehat dan tebal. Pilihan kaya protein lainnya: telur, yogurt, daging tanpa lemak.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat