visitaaponce.com

Duta Baca Indonesia Beri Pelatihan Literasi di Sawahlunto International Songket Carnaval

Duta Baca Indonesia Beri Pelatihan Literasi di Sawahlunto International Songket Carnaval
Gol A Gong, Duta Baca Indonesia, memberi pelatihan literasi di Sawahlunto, Sumatera Barat(Dok: Duta Baca Indonesia )

Pada 2019, Sawahlunto ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar budaya. Kota tua di Sumatera Barat ini terkenal dengan sejarah kelam "anak rantai", pekerja yang menggali batu bara dari dalam gunung.

Tahun ini, di kota itu tengah digelar Sawahlunto International Songket Silungkang Carnaval 2023. Selain pameran tenun tradisional, kuliner, dan karnaval, juga ada sesi talkshow dan pelatihan bersama Gol A Gong, sebagai Duta Baca Indonesia 2021-2025.

Gol A Gong (nama pena dari Heri Hendrayana Harris, penulis dan pengarang), sangat bersemangat ketika Perpustakaan Nasional RI menunjuk satu titik untuk kegiatannya di Sawahlunto.

"Saya selalu bersemangat jika berbicara Sawahlunto. Kakek ibu saya dikriminalisasi oleh Belanda. Dibuang ke Aceh, kemudian jadi avak rantai di Sawahlunto," kata Gong berkisah dalam pesan singkatnya kepada Media Indonesia, Sabtu (8/9).

Menurutnya, ini merupakan kedatangannya yang  keempat ke Sawahlunto. Kali ini, ada dua kegiatan yang ia ikuti. Pertama,  pada Jumat, 8 September 2023, sebagai Duta Baca Indonesia, ia bersama pegiat literasi, penulis, dan pustakawan Sawahlunto berdiskusi tentang cara pengelolaan komunitas literasi dan tips menulis best seller. Acara ini digelar di perpustakaan umum Adinegoro.

Dalam diskusi ini, Gong mengenalkan  7 Pilar yang mesti diterapkan di komunitas, yakni adanya Basecamp, SDM, Program, Dana, Koleksi Buku, Publikasi, serta Jejaring. Hal ini sudah dibuktikan berhasil dia terapkan di Rumah Dunia, komunitas literasi yang didirikannya di Serang Banten sejak 1998.

Di acara itu, Gong juga mengenalkan soap Opera convention. Yaitu tema populer yang selalu ada di novel-novel best seller, yaitu cinta terlarang, konflik antar dua keluarga, odiepus complex, dan Cinderella syndrome.

Selain berbagi pengalaman mengelola komunitas literasi Rumah Dunia, sebagai Duta Baca Indonesia Gong juga membagikan-bagikan buku. Ada sekitar 40 buku yang dibagikan ke peserta yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan.

Acara yang dipandu oleh Muhammad Subhan, penulis Padang Panjang selama dua jam itu ditutup dengan pemberian hibah buku dari Duta Baca Indonesia ke perpustakaan umum Adinegoro.

Kegiatan kedua berupa talkshow "Membaca Itu Sehat dan Menulis Itu Hebat." Para pembicaranya Deri Asta, Walikota Sawahlunto, Kepala Perpusnas RI, Bunda Literasi Mey Vita Belani Husman, Duta Baca Sawahlunto, Zakia Naila Adri, serta Pustakawan Utama Abdullah Saneng. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat