visitaaponce.com

28 Seniman Unjuk Gigi di Pameran Seni Rupa Indonesia Dream

28 Seniman Unjuk Gigi di Pameran Seni Rupa Indonesia Dream
Pameran seni rupa bertajuk "Indonesia Dream" digelar di Galeri Astra, Menara Astra, Jakarta, 2 - 6 November 2023.(dok: Astra)

Pameran seni rupa bertajuk "Indonesia Dream" digelar di Galeri Astra, Menara Astra, Jakarta. Pameran ini berlangsung pada 2 - 6 November 2023.

Menampilkan 31 karya seni rupa dari 28 seniman yang dipilih melalui kurasi oleh Bentara Budaya dan Astra. Mereka di antaranya Angga Yuniars, Antonius KHO, Bunga Fatia, Dyan Anggraini, Gogor Purwoko, Ika W Burhan dan Inanike Agusta.

"Pameran ini merupakan wujud dukungan bagi industri kreatif yang dihasilkan dari generasi muda Indonesia, dengan pesan inspiratif dalam bentuk karya seni rupa yang diharapkan dapat membuat masyarakat menemukan semangat baru dalam berkarya untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam siaran pers yang diterima, Kamis (2/11).

Hal-hal yang disampaikan para seniman dalam karyanya, mewakili isi kepala banyak orang, yaitu cenderung bersikap optimis meskipun terkadang tidak rasional. Inilah gejala psikologis dan neurologis yang umum terjadi, ilmuan Tali Sharot menyebut hal itu sebagai bias optimisme.

Bias Optimisme merupakan gejala kecenderungan untuk melihat masa depan secara lebih positif daripada yang sebenarnya. Bahayanya, bias optimisme ini mampu membuat seseorang cenderung meremehkan risiko dan melebihkan harapan positif mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

Kurator Indonesia Dream, Ilham Khoiri dan M Hilmi Faiq mengungkapkan pameran tersebut akan menampilkan beberapa karya seni, mulai dari lukisan, patung, kain instalasi hingga seni digital dan vidio.

“Semangat semacam itu yang diungkapkan para seniman yang berasal dari berbagai latar belakang dan wilayah di Indonesia. Energi itu diekspresikan dalam bermacam bentuk karya seni, seperti lukisan, drawing, patung, kain, instalasi, seni digital, dan video,” kata Ilham Khoiri dan M Hilmi Faiq dalam tulisan kuratorial.

Melalui pameran ini, pengunjung diharapkan dapat terinspirasi dan melihat mimpi-mimpi Indonesia yang tertuang dalam medium-medium seni rupa yang dinamis. Dan tentunya, pameran ini diharapkan dapat mengajak seluruh kalangan masyarakat Indonesia untuk selalu berpikir optimis yang diimbangi dengan pemikiran serta sikap rasional. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat