visitaaponce.com

Setelah Satu Dekade, Khadir Supartini Kembali Gelar Pameran Tunggal di Jakarta

Setelah Satu Dekade, Khadir Supartini Kembali Gelar Pameran Tunggal di Jakarta
Seniman Yogyakarta, Khadir Supartini dengan karyanya(MI/Rifaldi Putra)

Setelah sekitar satu dekade tidak melakukan pameran di Jakarta, seniman yang berbasis di Yogyakarta, Khadir Supartini, akhirnya menggelar pameran di PITA Showroom, di Sequis Center Mezzanine, Jakarta. Pameran berlangsung pada 15 - 25 November 2023.

Mengangkat tema “Pasar, People, Portraits”, Khadir mengeksplorasi hubungan antara ruang, manusia, dan jiwa. Karya-karyanya ini mengekspresikan pikiran dan perasaan manusia, baik ketika berdiri sendiri maupun saat berinteraksi dengan orang lain atau dengan ruang-ruangnya.

“Jadi ini sebenarnya ada beberapa karya yang saya bawa dari pameran saya sebelumnya di Yogyakarta, salah satu karya yang saya bawa itu judulnya  orang-orang pasar. Dari sanalah kemudian kami berdiskusi dan akhirnya jadilah pameran ini dengan tema ‘Pasar, People, Potret’. Tapi selain karya orang-orang pasar, ada juga karya yang baru seperti batik dan patung-patung,” ucap Khadir ditemui di lokasi pameran, Rabu (15/11).

Karya berjudul orang-orang pasar yang ditampilkan Khadir merupakan karya seni patung berbentuk karakter manusia. Menariknya, karakter-karakter tersebut merupakan perwujudan manusia asli yang dia temui di pasar kranggan, Yogyakarta, yang menjadi lokasi ibunya berdagang.

Ada delapan karakter yang diciptakan Khadir dari karya orang-orang pasar, salah satu karakter yang dia ciptakan adalah karakter seorang wanita yang berkarakter alim namun gemar bersolek..

Pada implementasinya dalam bentuk patung, Khadir menampilkan karakter wanita dengan bibir merah merona dan wajah penuh warna.

“Kenapa karya saya yang ini (orang-orang pasar) saya bawa ke Jakarta, jadi saya seolah mengajak orang-orang pasar ini untuk pergi ke kota metropolitan, sekaligus memperkenalkan mereka kepada warga Jakarta, setelah satu dekade saya tidak pameran di Jakarta,” ujar Khadir.

Selain karya orang-orang pasar, ada juga karya lainnya berbentuk lukisan, drawing, serta batik. Karya seni batik yang dimaksud di sini bukan merupakan perwujudan kain batik, melainkan sebuah potret wajah yang dibuat dengan teknik pembuatan batik, yakni menggunakan media kain serta lilin.

"Ini menjadi karya terbaru saya serta yang paling sulit. Karena saya hingga saat ini masih terus mempelajari karya seni batik ini," sebut Khadir.

Menggelar pameran di ruang pamer PITA, yang  merupakan ruangan showcase untuk produk milik PT Pragya Tata Asri Sutera.  Karya lukisan, patung, drawing dan lukisan batik Khadir, berdialog harmonis dengan elemen-elemen desain dan produk interior seperti kursi, sofa hingga tempat tidur. Perasaan seperti berada di rumah sangat terasa dalam pameran ini.

Adapun pameran tunggal Khadir ini juga didukung penuh oleh Artelier.Id dan JAGAD Gallery. JAGAD adalah sebuah galeri senirupa ternama di Bali yang baru saja mengembangkan sayapnya di Jakarta. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat