visitaaponce.com

Ini Pentingnya Edukasi Perawatan Gigi

Ini Pentingnya Edukasi Perawatan Gigi 
Grand Launching Maesa Dental Clinic Senopati.(MI/Nike Amelia S)

PERAWATAN gigi rutin setiap 6 bulan sekali penting dilakukan. Dengan itu, gigi dapat terlindungi dari kerusakan dini. Meski sangat penting, masih ada beberapa orang yang belum memperhatikan soal perawatan gigi.

Pemilik dan pendiri Maesa Dental Clinic, Maesa Uswa Eastyqoma, mengatakan tak sedikit masyarakat yang belum teredukasi secara baik perihal perawatan gigi.

"Ternyata banyak sekali pasien ke dokter gigi yang enggak mendapatkan edukasi. Jadi cuma datang dan dirawat, pulang dalam keadaan sudah dibersihkan giginya. Aku ingin pasien tidak hanya senang karena giginya ditambal tapi juga senang dengan adanya edukasi tentang gigi. SOP (Standar Operasional Prosedur) di Maesa Dental Clinic, dokter gigi lebih panjang menjelaskan soal gigi baru tindakan," ungkap perempuan yang juga berprofesi sebagai dokter gigi ini saat grand launching Maesa Dental Clinic, Senopati, Jakarta Selatan, Minggu (26/11).

"Banyak pasien yang tidak tahu (tentang perawatan gigi) bukan tidak mau merawat gigi. Gimana kita senyum yang lebar kalau gigi depan ada bolong atau hitam. Lalu, ketika sakit gigi kita tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik. Karena gigi juga memengaruhi kesehatan tubuh juga," lanjutnya.

Maesa membenarkan seseorang akan meningkat kesadarannya dalam merawat gigi jika diberikan edukasi oleh ahlinya. Selanjutnya, informasi itu bisa disebar pasien kepada anak atau keluarganya.

Sementara untuk biaya perawatan gigi memang mahal. Maesa menyebut biaya mahal biasanya jika keadaan atau kondisinya sudah parah.

"Makanya proteksi dini itu penting karena itu bergantung pada tindakan dokter gigi dan biaya," ungkap Maesa.

Tak hanya itu, Maesa mengatakan beberapa pasien yang lebih memilih ke praktik perawatan gigi bukan dengan ahlinya justru membuat giginya tumbuh dengan buruk dalam jangka panjang. 

"Aku punya pasien yang pakai behel di tempat yang bukan ditangani dokter gigi. Pertumbuhan giginya kurang baik bahkan akar giginya keluar dari gusinya. Karena (perawatan yang tidak dengan dokter gigi) mulai dari teori dan prosedur yang tidak benar mungkin dilakukan. Pasien merawat gigi ke yang bukan dokter gigi karena kurang teredukasi," papar Maesa. 

"Klinik gigi (dengan dokter gigi) memang mahal karena memang ada banyak biaya yang dikeluarkan, ada bahan, alat, tempat dan skill dokter, dan perawatan gigi adalah investasi jangka panjang. Makanya perlu proteksi dini untuk tidak mengambil tindakan (perawatan gigi) yang mahal," tuturnya.

Baca juga: Tanpa Disadari, Beberapa Kebiasaan Ini Dapat Merusak Gigi

Presenter dan news anchor Putri Nabilla mengaku pernah mengalami pipi bagian sebelah kiri yang lebih tembem dibanding pipi sebelah kanan. 

"Aku udah akupuntur dan lainnya (agar ukuran pipinya sama). Ternyata setelah diedukasi sama dokter gigi, masalah itu timbul karena aku sering makan di satu sisi mulut aja," ungkapnya.

Menurut Nabilla, sangat penting ketika melakukan perawatan gigi, dokter gigi menyampaikan edukasi terkait perawatan gigi.(M-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat