visitaaponce.com

Lama Nyangkut, Gunung Es Sebesar Enam Kali Jakarta Mulai Bergerak

Lama Nyangkut, Gunung Es Sebesar Enam Kali Jakarta Mulai Bergerak
SETELAH 30 tahun 'terjebak' di tempat, lempengan es A23a terbesar di dunia kini bergerak.(AFP Copernicus Sentinel-3)

SETELAH 30 tahun 'terjebak' di tempat, lempengan es terbesar di dunia kini bergerak.

Disebut A23a, balok es ini luasnya sekitar 3.755,483 km persegi, atau kurang lebih 6 kali luas DKI Jakarta, dengan ketebalan 400 meter.

A23a – yang berbentuk seperti 'gigi' – kini terbawa ke utara oleh angin dan arus laut 'dengan kecepatan tinggi' setelah 30 tahun terdampar di dasar laut.

Ia melayang melewati Semenanjung Antartika (yang menonjol dari daratan seperti ekor) dan akan pecah karena perairan yang lebih kasar setelah mencapai laut terbuka.

Objek sebesar A23a harus terus dilacak setelah putus karena dapat menimbulkan ancaman bagi kapal dan satwa liar.

Tidak seperti kebanyakan gunung es besar yang terlepas dari Antartika dan hanyut, A23a hanya bergerak beberapa ratus kilometer sejak lepas dari Lapisan Es Filchner pada Agustus 1986.

Kurangnya pergerakan karena ia 'tertanam' (atau tertahan) di dasar laut dan, sebagai akibatnya, kurang rentan terhadap perpecahan.

Namun, gunung es raksasa tersebut kini telah terlepas.

Gunung es 'mendarat' di dasar laut ketika lunasnya – sedikit di bawah permukaan air – lebih dalam dari kedalaman air.

Dr Andrew Fleming, pakar penginderaan jauh dari British Antarctic Survey, mengatakan kepada BBC bahwa dia melihat tanda-tanda pertama pergerakan dari A23a pada tahun 2020.

“Pesawat tersebut dilarang terbang sejak tahun 1986 namun pada akhirnya ukurannya akan mengecil sehingga kehilangan cengkeraman dan mulai bergerak,” katanya seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (28/11).

"[Kami] bertanya-tanya apakah ada kemungkinan perubahan suhu perairan yang mungkin memicu hal ini, tetapi konsensusnya adalah waktunya telah tiba."

Ilmuwan planet Amerika Lindy Elkins-Tanton adalah bagian dari perjalanan untuk mengunjungi A23a, menurut unggahan X terbarunya.

Gunung Es A23a diperkirakan mencapai Arus Lingkar Kutub Antartika – lingkaran air laut sepanjang 20.921 km yang mengalir di sekitar Antartika.

Pesawat ini kemungkinan akan mendarat lagi di dekat Georgia Selatan, sebuah pulau lebih jauh ke utara di selatan Samudera Atlantik dan merupakan hotspot bagi anjing laut dan burung laut.

Jika hal ini terjadi, para ahli khawatir hal ini dapat mengganggu rutinitas makan hewan tersebut – misalnya, jika hewan tersebut parkir di area tempat biasanya mencari makan.

Namun jika mencair, mineral yang dilepaskan dari es dapat memberikan nutrisi bagi organisme di dasar rantai makanan laut.

"Dalam banyak hal, gunung es ini memberi kehidupan; mereka adalah titik asal banyak aktivitas biologis," kata Dr Catherine Walker dari Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts.

Rekor gunung es terbesar saat ini berubah setiap tahunnya, seiring dengan terbentuknya gunung es baru di benua Antartika dan kemudian pecah menjadi pecahan-pecahan yang lebih kecil.

Meningkatnya suhu air dan udara akibat pemanasan global memicu ketidakstabilan di sepanjang pantai Antartika dan Greenland, mempercepat pencairan es.

Pemegang rekor sebelumnya adalah A76, yang terlepas dari lapisan es di Laut Weddell pada Mei 2021, namun kini terpecah menjadi tiga bagian. Kepingan es adalah platform es besar yang terapung yang terhubung ke suatu daratan, seperti Antartika, meskipun mereka juga ditemukan di lokasi kutub lain seperti Greenland.

Menurut Rekor Dunia Guinness, gunung es terbesar yang pernah ada berukuran lebih dari 12.000 mil persegi (31.000 km persegi) – lebih besar dari Belgia.

Whopper ini terlihat 241 km sebelah barat Scott Island, di Samudera Selatan oleh USS Glacier pada 12 November 1956. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat