visitaaponce.com

Gawat, Pemanasan Global Bisa Buat Turbulensi Pesawat Makin Sering

Gawat, Pemanasan Global Bisa Buat Turbulensi Pesawat Makin Sering
Sebuah penelitian menyebut, pemanasan global menjadi salah satu pencetus meningkatnya frekuensi turbulensi pesawat.(123RF)

SAAT ini, semakin banyak rekaman video ponsel beredar yang menunjukkan terjadinya turbulensi udara yang mengerikan. Begitu intens sehingga dapat melemparkan orang-orang ke dalam kabin pesawat, menyebabkan cdera parah, dan bahkan kematian.

Sayangnya, sebuah studi baru yang dipimpin oleh Universitas Chicago memperingatkan bahwa kejadian seperti ini bisa menjadi lebih umum – dan hal ini turut disebabkan oleh perubahan iklim.

Para peneliti tersebut mengatakan pemanasan global mempercepat aliran angin karena perubahan kepadatan udara di atmosfer Bumi.

Kecepatan angin yang bertambah ini menyebabkan aliran udara ke atas dan ke bawah yang lebih dahsyat – sehingga menyebabkan turbulensi yang parah pada pesawat.

Kita sudah mengetahui bahwa pemanasan global dan turbulensi parah telah meningkat secara bersamaan sejak tahun 1970an, namun studi baru ini mengidentifikasi sebab dan akibat. Studi baru ini dipimpin oleh para peneliti di Universitas Chicago dan Pusat Penelitian Atmosfer Nasional.

“Berdasarkan hasil ini dan pemahaman kami saat ini, kami memperkirakan akan terjadi angin yang memecahkan rekor,” kata Profesor Tiffany Shaw dari Universitas Chicago, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (11/12).

“Kemungkinan besar hal ini akan berdampak pada berkurangnya waktu penerbangan, peningkatan turbulensi udara jernih, dan potensi peningkatan kejadian cuaca buruk.”

Aliran jet (jet stream) adalah angin kencang dan sempit di lapisan atas atmosfer yang mengendalikan sebagian besar sistem cuaca bumi dan berhubungan dengan terjadinya cuaca buruk.

Mereka biasanya bergerak dari barat ke timur mengelilingi bumi di bagian atas atmosfer, sekitar enam mil (10 km) di atas permukaan tanah.

Aliran jet terbentuk karena kontras antara udara dingin dan padat di kutub dan udara hangat dan terang di daerah tropis, dikombinasikan dengan rotasi bumi.

Dengan menggabungkan model perubahan iklim dengan apa yang kita ketahui tentang fisika aliran jet, para peneliti menemukan bahwa perubahan iklim memperkuat perbedaan ini.

Saat udara di daerah tropis semakin menghangat, kelembapannya akan lebih banyak.

Meskipun udara di kutub juga akan memanas, udara yang lebih panas dapat menampung lebih banyak kelembapan dibandingkan udara dingin sehingga perbedaan kepadatan secara keseluruhan hanya meningkat tajam – menyebabkan angin kencang di aliran jet semakin kencang.

Saat dunia memanas, angin jet stream tingkat atas akan menjadi semakin cepat – sekitar 2% untuk setiap derajat Celcius yang memanas di dunia, perkiraan penulis penelitian.

Ada manfaat

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa salah satu dampak positif dari aliran jet adalah penerbangan yang lebih cepat, bergantung pada arah yang dituju pesawat.

Pesawat dapat 'berselancar dengan mudah' untuk meningkatkan kecepatan dan mempersingkat waktu penerbangan, sekaligus membakar lebih sedikit bahan bakar dan pada gilirannya mengurangi emisi karbon.

Sebuah studi dari University of Reading menemukan bahwa penerbangan komersial transatlantik dapat menggunakan bahan bakar hingga 16 persen lebih sedikit jika mereka memanfaatkan angin yang bergerak cepat dengan lebih baik.

Meskipun penerbangan transatlantik yang lebih cepat mungkin tidak terlalu buruk, sisi sebaliknya adalah pesawat cenderung mengalami lebih banyak turbulensi.

Untuk pesawat komersial, jenis turbulensi yang paling bermasalah saat ini –yang dikenal sebagai turbulensi udara jernih (CAT)– tidak terlihat.

CAT sulit untuk diamati sebelum jejak pesawat menggunakan metode penginderaan jauh dan menantang bagi ahli meteorologi penerbangan untuk memperkirakannya.

Terlebih lagi, aliran jet sangat memengaruhi cuaca di darat – termasuk kejadian cuaca paling buruk. “Aliran jet (jet stream) penting karena membentuk iklim permukaan bumi dengan mengendalikan sistem cuaca dan berhubungan dengan kejadian cuaca buruk,” kata para ahli dalam makalah mereka.

'Khususnya, wilayah di sekitar aliran angin jet tingkat atas yang cepat telah dikaitkan dengan terjadinya badai hebat, tornado, hujan es, dan angin kencang.'

Tim tersebut menyerukan penelitian lebih lanjut untuk memprediksi dengan tepat bagaimana angin kencang ini akan berdampak pada badai tertentu dan kejadian cuaca buruk. Studi baru ini telah dipublikasikan di jurnal Nature Climate Change. (M-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat