visitaaponce.com

Kembung Gara-Gara Makan Berlebihan Simak Kiat Mengatasinya

Kembung Gara-Gara Makan Berlebihan? Simak Kiat Mengatasinya
Menjaga asupan cairan dalam tubuh, terutama yang berasal dari air, bisa membantu mengurangi risiko perut kembung.(123RF)

Momentum liburan Natal dan Tahun Baru kerap dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga besar. Biasanya, kegiatannya tidak jauh dari makan-makan. Di saat-saat itu, tidak jarang seseorang makan berlebihan hingga akhirnya mengalami perut kembung.

Tanaman herbal dan sejumlah tindakan dapat meredakan perut kembung. Melansir dari situs gaya hidup dan makanan sehat, Eat This Not That, berikut beberapa cara meredakan perut kembung.

1. Konsumsi Jahe.
Jahe memiliki khasiat yang menenangkan aktivitas usus dan mengurangi gas usus sehingga mengurangi rasa kembung.  

Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan menghisap permen jahe, menikmati secangkir teh jahe, atau mengonsumsi acar jahe setelah makan.  Selain itu, jahe dapat meredakan mual dan menambah manfaat pencernaannya.

2. Tetap Terhidrasi.
Cairan dibutuhkan untuk perjalanan semua makanan ke seluruh saluran pencernaan Anda.  Saat Anda mengalami dehidrasi, organ pencernaan Anda mungkin kurang terlumasi sehingga berdampak pada pencernaan.  

Jika Anda sering kembung setelah makan, ukurlah berapa banyak air yang Anda minum sepanjang hari.  Orang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 2 liter cairan per hari, setidaknya setengahnya berasal dari air.  

Untuk memaksimalkan manfaat cairan Anda, sebarkan jumlah ini sepanjang hari Anda, jangan lebih dari satu jam tanpa minum apa pun.

3. Bergerak.
Setelah makan, cobalah melakukan aktivitas ringan.  Ini bisa berupa pekerjaan rumah ringan, atau lebih disengaja, seperti berjalan-jalan di sekitar lingkungan.  

Gerakan ini bisa melancarkan pencernaan dan meredakan kembung.  Selain itu, berjalan kaki segera setelah makan dapat meningkatkan penurunan berat badan, yang kemudian membantu kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

4. Berbaring Miring.
Jika Anda mengalami kembung, cobalah berbaring miring ke kiri.  Hal ini memungkinkan gravitasi untuk membantu proses pencernaan, memindahkan makanan melalui perut dan usus Anda.  

Selain itu, penelitian mencatat bahwa berbaring miring ke kiri dapat mengurangi timbulnya gejala yang berhubungan dengan penyakit gastroesophageal reflux, yaitu penyakit kronis pada sistem pencernaan lambung.

5. Makan dalam Porsi Kecil
Terkadang kembung bukan disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi internal, melainkan hanya disebabkan oleh saluran pencernaan yang kewalahan dengan jumlah makanan yang perlu diproses.  

Untuk membantu sistem pencernaan Anda normal, makanlah dalam porsi kecil sepanjang hari.  Jika Anda mengalami kembung setelah makan siang, hindari makan malam dalam jumlah besar, dan makanlah 2-3 porsi camilan kecil sepanjang hari.  

Makanan yang mudah dicerna juga dapat membantu, jadi pertimbangkan sup berbahan dasar kaldu sebagai salah satu makanan kecil Anda untuk meredakan kembung.

6. Hindari minuman berkarbonasi.
Karbonasi dapat meningkatkan rasa kembung, sehingga meningkatkan ketidaknyamanan setelah makan berlebihan.  Meskipun cairan penting dalam mengurangi kembung, air berkarbonasi, soda, dan minuman bersoda lainnya justru dapat memperburuk keadaan.

Jika Anda menyukai karbonasi, hindari minuman bersoda segera sebelum, selama, dan setelah makan.  Hal ini dapat meredakan kembung dan mengurangi kemungkinan terjadinya kembung.  Menikmati air berkarbonasi di antara waktu makan atau dengan porsi kecil, seperti camilan, adalah pendekatan yang lebih baik untuk minuman ini di hari Anda. (M-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irana Shalindra

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat