visitaaponce.com

Pendidikan Desain Mode Indonesia Harus Relevan dengan Industri Mode Global

Pendidikan Desain Mode Indonesia Harus Relevan dengan Industri Mode Global
Paul Marchand, Esmod International's Head of Curriculum Coordination FD/FB.(Dok. Esmod Jakarta)

Pendidikan desain mode merupakan salah satu ujung tombak kemajuan industri fashion. Di Indonesia, tak sedikit desainer-desainer mode yang juga lahir dari lembaga atau institusi desain mode. Karena itu, penting bagi setiap penyedia pendidikan desain mode agar terus bisa relevan dengan standar dan tuntutan industri mode global.

Salah satu kiblat fashion global adalah Paris. Tak hanya sekolah mode, desainer, hingga pecinta fashion dari berbagai negara menjadikan ibukota Prancis itu sebagai tolak ukur dalam berbusana dan menjalankan bisnis fashion.

Salah satu sekolah mode di Jakarta, Esmod Jakarta, juga berpandangan serupa tentang besarnya peran Paris dalam ranah fashion global.

Baca juga : Tips Merawat Busana Berbahan Premium Ala Desainer Ayu Dyah Andari

Pada akhir Januari yang lalu, Esmod Jakarta menyambut kunjungan Paul Marchand, Esmod International's Head of Curriculum Coordination FD/FB. Paul datang pada tanggal 22 hingga 25 Januari 2024 ke Esmod Jakarta untuk bertukar pikiran melalui sharing session dengan para dosen.

Selain itu juga diadakan workshop yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam dunia mode. Rangkaian kegiatan itu diadakan dengan tujuan untuk menjaga agar standarisasi pendidikan di Esmod Jakarta tetap sejalan dengan standarisasi yang telah ditetapkan oleh Esmod International.

Ia juga menyelenggarakan workshop khusus bagi para dosen ESMOD Jakarta. Workshop ini difokuskan pada teknik baru dalam merekonstruksi pakaian yang dikenal dengan istilah "blind fold drawing". Metode ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mereka tanpa terkendala oleh penglihatan langsung, sehingga menghasilkan desain-desain yang lebih unik dan inovatif.

Baca juga : Mengintip Karya 4 Desainer Muda Peraih Penghargaan dari Esmod Jakarta Tahun 2023

Dari kunjungan itu juga didapatkan berbagai masukan dan sudut pandang tentang tren terkini dalam dunia mode, tantangan yang dihadapi oleh industri mode, serta berbagi pengalaman dalam mengajar dan menginspirasi para mahasiswa.

"Industri mode adalah dunia yang dinamis dan terus berkembang. Untuk itu, penting bagi institusi pendidikan seperti Esmod Jakarta untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut." ujarnya.

Guillaume Oger, Head of Curriculum Development Esmod Jakarta, menyatakan, sangat senang dengan kunjungan Paul karena memberikan banyak inspirasi dan wawasan baru bagi staf pengajar dan mahasiswa kami.

“Pertukaran gagasan dan pengetahuan yang intensif selama kunjungan ini telah memperkaya pengalaman belajar di Esmod Jakarta. Kami yakin koordinasi yang erat antara Esmod Jakarta dan Esmod International akan terus memajukan pendidikan mode di Indonesia dan mempersiapkan mahasiswa kami untuk bersaing secara global,” ujarnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat