visitaaponce.com

Tips Merawat Busana Berbahan Premium Ala Desainer Ayu Dyah Andari

Tips Merawat Busana Berbahan Premium Ala Desainer Ayu Dyah Andari
Desainer Ayu Dyah Andari.(Dok. Instagram Ayu Dyah Andari)

MEMILIKI busana yang berbahan premium tentu nyaman dikenakan. Umumnya bahan premium biasanya terasa lembut dan tidak membuat gerah. Meski begitu, untuk menjaga busana yang berbahan premium tetap awet dan warnanya tidak memudar, busana tersebut harus dirawat dengan baik

Perancang busana Tanah Air Ayu Dyah Andari, menjelaskan bahwa bahan yang sangat premium memang harus dirawat sebaik mungkin.

"Memang kalau bahan yang sangat premium apalagi seperti sutra, itu memang harus diperlakukan secara halus," katanya, saat dijumpai Media Indonesia di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (19/1).

Baca juga: Sinopsis Film OOTD (Outfit Of The Designer), Film Pertama Bertema Fesyen 

Selain itu, Ayu juga menjelaskan beberapa tips mudah merawat busana berbahan premium.

1. Hati-hati Saat Mengenakannya

Ayu mengungkapkan tips yang pertama yang harus dilakukan bagi kamu pemilik busana berbahan premium adalah hati-hati saat mengenakan busana tersebut.

"Karena baju yang berbahan premium lebih rapuh dibanding pakaian berbahan polyester yang banyak," ungkap Ayu.

2. Tidak Menggunakan Mesin Cuci

Ayu menjelaskan kamu sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci saat mencuci pakaian berbahan premium karena penggunaan mesin cuci dapat membuat busana tersebut mudah rusak. Salah satu opsi yang bisa dilakukan ialah dry cleaning. "Mencucinya harus dry clean, gak boleh masuk mesin cuci," papar Ayu.

Dry cleaning merupakan cara mencuci pakaian yang tidak menggunakan air namun cairan khusus yang bernama perchloroethylene. Akan tetapi, apabila kamu tetap ingin mencucinya menggunakan air, kamu bisa mencucinya dengan tangan dan hanya sedikit dikucek.

"Terus kalau memang sayang sama fabric itu, aku saranin untuk kalau yang bisa dengan air, itu hand wash, jangan masukin ke mesin cuci. Jadi memang memperlakukan bajunya dengan penuh kasih sayang," ucap Ayu.

Baca juga: Desainer Agnes Linggar Hadirkan Karya Fashion 'Garden of GAIA' di Sarinah

3. Tidak Langsung Terpapar Matahari

Setelah dicuci dengan tangan, kamu tidak boleh menjemur busana tersebut di bawah sinar matahari langsung. Hal ini untuk menjaga warnanya tidak memudar dan tetap bagus.

"Terus untuk menjaga warna, kalau matahari yang terlalu strong, itu cenderung bisa merubah warna. Lebih baik jangan langsung kena matahari," ujar Ayu.

4. Lapisi Saat Menyetrika Busana

Ayu menuturkan bahan-bahan premium seperti salah satunya sutra masih bisa untuk disetrika. Namun, menyetrikanya tidak bisa sembarangan dan harus berhati-hati.

"Bahan premium kayak sutra pun masih bisa disetrika," kata Ayu. Ia menambahkan menggunakan setrika biasa bisa asalkan suhu panas dari setrika diatur dan panasnya cukup sedang.

"Aku biasanya aku lapisi lagi dengan kain yang halus biar gak langsung kena aliran panas dari besi setrikanya," saran Ayu.

"Kadang2 kalau panasnya tidak sesuai, itu bikin tekstur bahan berubah menjadi lebih mengkilap," lanjutnya.

Akan tetapi, apabila kamu kesulitan menyetrika dengan setrika biasa, Ayu menyarankan untuk menggunakan setrika uap atau steam iron agar lebih aman.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat