visitaaponce.com

Hiduplah Sebelum Mati, Lagu Religi Pertama Kunto Aji

Hiduplah Sebelum Mati, Lagu Religi Pertama Kunto Aji
Kunto Aji(Dok: Magnifique Indonesia)

TERINSPIRASI dari surah Al Asr (Demi Waktu) dan hadis lima perkara sebelum lima perkara, musikus Kunto Aji menelurkan lagu religi pertamanya yang berjudul Hiduplah Sebelum Mati. Lewat lagu ini, dia ingin mengajak para pendengar khususnya umat muslim untuk menjalani hidup yang bermanfaat bagi orang lain. 

“Sebenarnya ini (lagu) berdasarkan dari hadis lima perkara sebelum lima perkara, ngambilnya dari situ. Itukan hidup sebelum mati, tapi gue merasa hiduplah sebelum mati, kalau orang Jawa bilang urip kudu urup, hidup itu menyala. Inginnya pesan ini bisa nyampe ke orang-orang bahwa hidup itu menghidupi, kalau di surah Al Asr itu dikatakan kita  akan sangat merugi jika tidak bermanfaat bagi orang lain,” kata Kunto Aji dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (15/3)

Pelantun tembang ‘Rehat’ itu menyebut proses pembuatan lagu ini berjalan singkat. Ia hanya membutuhkan waktu dua pekan untuk menyelesaikan. Sepanjang pembuatan lagu, Kunto Aji mengaku tidak mengalami kendala berarti, berjalan dengan mulus.

Baca juga : Sambut Ramadan dengan Meriah, Shopee Big Ramadan Sale 2024 Hadir dengan Penawaran Terbesar di Seluruh Indonesia

“Gue bikin lagu religi untuk pertama kalinya, dan dari proses awal menulis sampai mixing kemudian mastering itu selesai hanya dalam 2 pekan. Surprisingly enggak ada kendala selama proses pembuatan,  maksudnya ya udah ngalir aja gitu,” ungkapnya.

Untuk menghadirkan nyawa dalam lagu tersebut saat dibawakan, penyanyi berusia 37 tahun itu mengaku memiliki treatment khusus. Dalam proses pembuatan, Kunto Aji mengaku memperbaiki ibadahnya. Menurutnya, menulis lagu religi harus dimulai dari memperbaiki ibadah.

"Pertama memperbaiki salat saya dulu, yang jelas karena dalam menulis (lagu) itu harus ada dalam diri kita, sehingga banyak hal yang harus kita serap, apalagi ini lagu religi. Jadi kalau bicara soal spiritualitas atau religi itu hal yang sangat panjang perjalanannya,” tukasnya.

Adapun lagu yang dinyanyikan oleh Kunto Aji ini juga akan menjadi lagu tema untuk web series berjudul Demi Masa yang dibintangi oleh Bryan Domani. Lagu ini tercipta berkat kolaborasi antara Kunto Aji dengan Kahf, produk perawatan diri halal dan modern untuk pria.(M-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat