visitaaponce.com

Hari Bumi, Esmod Jakarta Buat Busana Ramah Lingkungan dengan Torajamelo dan Levis Indonesia

Hari Bumi, Esmod Jakarta Buat Busana Ramah Lingkungan dengan Torajamelo dan Levi’s Indonesia
Koleksi kolaborasi Esmod Jakarta dengan Levi's Indonesia.(Dok. Esmod Jakarta)

HARI bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April menjadi pengingat pentingnya kontribusi menjaga kelestarian bumi. Salah satunya dengan mendukung fashion berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan di ranah fashion untuk mendukung keberlanjutan bumi adalah dengan melakukan upcycling. Upcycling merupakan teknik membuat produk baru dengan cara daur ulang atau menggunakan bahan-bahan lama yang tak terpakai.

Memeringati Hari Bumi tahun ini, salah satu project upcycling dilakukan oleh Esmod Jakarta dengan Levi’s Indonesia. Dalam project tersebut para mahasiswa mengubah celana denim lama menjadi celana denim dengan gaya baru dan modern, dengan style direction artwear hip hop dan menggunakan teknik upcycling. Di mana para mahasiswa diberikan produk denim berupa celana dari koleksi lama Levi’s Indonesia, untuk diolah kembali menjadi produk baru.

Baca juga : Peringati Hari Bumi, IESR Gelar Festival Energi Terbarukan

Lewat teknik upcycling, dihasilkan karya yang mengutamakan functionality dan flexibility, agar pemakaiannya dapat tetap nyaman digunakan dan bebas bergerak.

“Kolaborasi ini menambah pengetahuan serta pengalaman mereka akan pentingnya upcycling technique dalam industri mode,” ujar Esmod Jakarta Lecturer, Ester Amelia.

Koleksi kolaborasi Esmod Jakarta dengan Levi's Indonesia.

Baca juga : Jelang Hari Bumi, PT Multi Hanna Kreasindo Tbk Resmi Melantai di Bursa Efek

Selain upcycling, di momen tersebut juga dilakukan kolaborasi dengan jenama Torajamelo. Torajamelo merupakan sebuah ethical slow fashion brand yang peduli dengan lingkungan dan memperkenalkan keindahan budaya Indonesia.

Dalam Kolaborasi dengan Torajamelo, Esmod Jakarta membuat project dress dengan style direction techwear menggunakan kain sisa dari Torajamelo.

Techwear merupakan singkatan dari technical wear, yaitu gaya pakaian yang menekankan fungsionalitas maksimal dengan penampilan yang futuristik dan modern. Pakaian techwear dirancang untuk memberikan kenyamanan dan penggunaan optimal sambil tetap mempertahankan tampilan estetika yang menarik.

Baca juga : Berbagi Ide Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Konsep techwear dilakukan dengan menggunakan bahan seperti nylon, parachute, dan lain-lain, yang kebutuhan fungsionalitasnya disesuaikan dengan penggunaan bahan deadstock dari Torajamelo untuk selanjutnya diolah kembali menjadi produk baru.

Kemudian, para mahasiswa menghadirkan detail dalam desain yang menggunakan elemen- elemen techwear seperti kantong-kantong tersembunyi, bahan tahan air atau tahan angin, serta desain yang ergonomis.

Sementara itu, selain kolaborasi menghasilkan busana ramah lingkungan, di momen Hari Bumi 2024 tersebut juga dihadirkan garage sale yang menghadirkan berbagai koleksi busana preloved berkualitas. Selain itu juga dihadirkan podcast The Golden Hour yang dilaksanakan bersama Nusameta yang merupakan anak perusahaan dari WIR Group. Podcast tersebut membahas digital fashion yang juga mendukung sustainability. Juga soal kolaborasi alumni Esmod Jakarta bersama Nusameta, yang nantinya memungkinkan pengguna untuk mengakses dan membeli produk fashion secara virtual pada Nusamarket.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat