visitaaponce.com

Luhut Ingin Ekspor Perikanan dari Biak Numfor Go Internasional

Luhut Ingin Ekspor Perikanan dari Biak Numfor Go Internasional
Ilustrasi--Pedagang pengumpul menyortir ikan layur (Trichiurus lepturus) hasil tangkapan nelayan di pantai Teluk Palu, Sulawesi Tengah.(ANTARA/Basri Marzuki)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendukung langkah pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Biak Numfor, Papua untuk menjadi sentra pangan ikan, agar produk tersebut bisa go internasional.

Hal itu disampaikan Luhut saat menerima kunjungan Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry Ario Naap, Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor Milka Rumaropen, dan Tokoh Adat Yosef Korwa di Jakarta, Senin (22/3).

Luhut mengemukakan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Biak Numfor masih dikatakan berhasil melaksanakan kegiatan ekspor produk perikanan secara langsung.

Baca juga: Tapanuli Tengah dan Sibolga jadi Penggerak Industri Perikanan

Untuk mengatasi hal tersebut, Luhut menjanjikan akan menyiapkan infrastruktur pendukung seperti kargo bandara dan pelabuhan. Sehingga diharapkan ekspor produk perikanan dari SKPT Biak dapat langsung dikirim ke Hawaii dan negara lainnya, seperti Jepang, yang jaraknya tidak jauh dari Biak Numfor.

“Biak Numfor ini potensinya besar dan posisinya sangat strategis. Jadi, nanti, fasilitas pendukung untuk memungkinkan ekspor langsung seperti kargo itu akan segera kita siapkan. Sehingga, ke depan, ekspor ikan segar bisa langsung dikirim ke Hawaii, Jepang, atau Hong Kong,” kata Luhut dalam keterangan resmi, Selasa (23/3).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Herry menyampaikan kepada Luhut bahwa dibutuhkan dukungan dari kehadiran investor di bidang perikanan untuk mendorong dan mempercepat pembangunan di sana.

Dia juga mengatakan pihaknya, bersama DPRD setempat, akan menyambut segala bentuk investasi yang masuk ke wilayah Biak Numfor.

"Kami siap menerima dan menyetujui kehadiran investasi di Biak, Pak. Itu orang-orang yang komplain itu bukan tinggal di Biak,” tegas Herry. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat