visitaaponce.com

Indonesia Food Summit 2021Kompleksitas Pangan Nasional dari Hulu

Indonesia Food Summit 2021:Kompleksitas Pangan Nasional dari Hulu
(DOKUMENTASI)

DALAM menyikapi berbagai persoalan pangan di Indonesia, Media Group News menyelenggarakan acara Indonesia Food Summit 2021 sebagai wadah untuk mengurai berbagai permasalahan pangan di Indonesia seperti masalah ternak, pupuk dan pertanian bersama para pakar berpengaruh untuk mendapatkan solusi dalam mewujudkan ketahanan pangan di Tanah Air.

Menurut CEO Media Group, Mohammad Mirdal Akib, isu ketahanan pangan adalah salah satu sektor vital. “Media Group News  mengapresiasi berbagai upaya pemerintah dalam membangun ketahanan pangan di Tanah Air, termasuk program food estate yang dilaksanakan di sejumlah daerah. Namun sejumlah persoalan yang menjadi tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan mendesak untuk dicarikan solusi yang paling efektif dan bersifat jangka panjang,” kata Mirdal.

Event yang diselenggarakan secara hybrid pada Selasa, 25 Mei 2021, dibuka secara resmi oleh Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan sambutan tuan rumah CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib.

Adapun narasumber utama pada forum ini adalah Moeldoko (Ketua HKTI) yang membahas mengenai produktivitas pangan di Indonesia, serta Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian RI), dan Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan RI) yang membahas sinergi antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan dalam menjaga ketersediaan pangan nasional dan menekan ketergantungan impor.

Berikut adalah sejumlah persoalan yang menjadi fokus diskusi dalam Indonesia Food Summit 2021.

Sesi I: Menjaga Ketersediaan Pangan (Pukul 09.30-11.30 WIB)
Sesi ini membahas produktivitas pangan di Indonesia, mengulik ketersediaan pupuk, dan keberadaan sumber daya manusia (petani), metode dan kualitas pembibitan yang telah dijalani serta melihat seperti apa nasib petani di masa pandemi Covid-19.

Sesi II: Akses Ketahanan Pangan (Pukul 13.00-14.00 WIB)
Membahas sistem manajemen stok pangan untuk mencegah lonjakan dan terwujudnya kesejahteraan petani, upaya memperkuat distribusi atau rantai pasok pangan serta upaya dalam menjaga kestabilan pangan nasional.

Sesi III: Problem Solving Mewujudkan Ketahanan Pangan dan Kontribusi Sektor Pertanian (Pukul 16.00-17.30 WIB)
Membahas Komitmen Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan dalam meningkatkan kesejahteraan petani, mewujudkan food estate dan korporasi pertanian menuju swasembada pangan.

Acara Indonesia Food Summit 2021 ini juga didukung oleh kampus-kampus partner. Yaitu Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Almuslim Bireuen dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. (RO/OL-10)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Denny parsaulian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat