visitaaponce.com

Jokowi Apresiasi Alih Kelola Blok Rokan, Erick Kado Istimewa HUT RI

Jokowi Apresiasi Alih Kelola Blok Rokan, Erick: Kado Istimewa HUT RI
Erick Thohir(MI/ Susanto)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi)  mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada perusahaan di bawah Kementerian BUMN, PT Pertamina Persero yang akan mengelola Blok Rokan. Pasalnya, Setelah lebih dari 90 tahun pengelolaannya dilakukan oleh Cheveron, sejak 9 Agustus 2021 salah satu kekayaan alam itu berada di tangan BUMN.

"Setelah lebih dari 90 tahun blok Rokan dikelola oleh Chevron sejak Agustus 2021 kekayaan alam Bumi Lancang Kuning mulai dikelola oleh Pertamina," kata Jokowi dalam video yang diunggah akun Instagram resmi Pertamina, Rabu, (11/8).

Jokowi mengatakan alih kelola Blok Rokan ke Pertamina tersebut merupakan sebuah tantangan. Namun ia yakin perusahaan plat merah tersebut mampu mengelola Blok Rokan menjadi lebih produktif.

"Saya  percaya bahwa Pertamina mampu, mampu mengelola blok rokan ini. Selamat atas kembalinya pengelolaan blok rokan ini ke bawah pangkuan ibu pertiwi," katanya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erik Thohir mengatakan bahwa dikelolanya Blok Rokan oleh Pertamina setelah hampir satu abad di bawah kendali Chevron merupakan bagian dari komitmen Presiden Jokowi sejak 2018.

"Dikelolanya Blok Rokan oleh Pertamina merupakan kado ulang tahun kemerdekaan RI. ladang migas terbesar kedua di negeri ini kini resmi dikelola BUMN kebanggaan kita: Pertamina," kata Erick dikutip dari akun resmi Instagram pribadinya.

Blok Rokan, kata Erick memiliki peran penting dalam memberikan manfaat lebih terhadap perekonomian nasional dan bagi masyarakat lokal di Siak dan Riau. Baik dalam bentuk Tanggung Jawab Lingkungan dan sosial, penyerapan tenaga kerja serta serta pemberdayaan UMKM lokal.

"Kini saatnya para perwira Pertamina memimpin perjuangan untuk menjaga dan meningkatkan volume produksi migas di Blok Rokan, membangun kemandirian dan kedaulatan energi nasional," katanya.

Erick berharap anak perusahaan Pertamina yakni Pertamina Hulu Rokan dapat mengukir sejarah baru dalam mengelola ladang minyak tersebut.

"Melangkah ke depan dengan segenap energi untuk mengukir sejarah baru dan mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," pungkasnya.

Berdasarkan data saat ini, Pertamina melalui Pertamina Hulu Rokan mengelola wilayah kerja dengan luasan sekitar 6,453 kilometer persegi dengan 10 Lapangan utama yaitu Minas, Duri, Bangko, Bekasap, Balam South, Kotabatak, Petani, Pematang, Petapahan, Pager.

Blok Rokan membentang di lima Kabupaten Provinsi Riau yakni Kabupaten Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu dan Rokan Hilir. Blok minyak strategis ini, merupakan terbesar kedua di Indonesia dengan target produksi minyak 2021 sekitar 165.000 barel per hari atau sekitar 24% dari produksi nasional. (OL-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat