visitaaponce.com

Presiden Usut Tuntas Korupsi Minyak Goreng

Presiden: Usut Tuntas Korupsi Minyak Goreng
Presiden Joko Widodo(Biro Setpers)

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Kejaksaan Agung untuk mengusut tuntas kasus korupsi terkait minyak goreng. Ia meminta penyelidikan tidak hanya berhenti di empat orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka saja.

"Kemarin Kejagung sudah menetapkan empat orang terkait urusan minyak goreng. Saya minta ini diusut tuntas sehingga kita bisa tahu siapa saja yang bermain, bisa ngerti," ujar Jokowi di Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4).

Kepala negara menyebut perbuatan melanggar hukum yang terkait dengan penyaluran minyak goreng telah membuat resah masyarakat. Hingga saat ini, harga komoditas pangan utama itu masih melambung tinggi di dalam negeri.

Kebijakan penetapan harga eceran tertinggi (HET) untuk jenis curah pun diakui belum berjalan dengan efektif.

"Minyak goreng masih menjadi masalah. Meskipun masyarakat kita beri subsidi BLT, kita ingin harganya yang lebih normal. Tapi nyatanya, di pasar, saya melihat minyak curah banyak yang belum sesuai dengan HET yang kita tetapkan. Artinya, memang ada permainan," ucap mantan wali kota Solo itu.

Baca juga: Korupsi Minyak Goreng, Jaksa Agung Minta Korporasi Turut Dijerat

Selama harga di tingkat internasional masih tinggi, Jokowi melihat peluang permainan para mafia minyak goreng masih akan terus berlangsung.

"Karena harga internasional itu tinggi banget, kecenderungan produsen itu pengennya ekspor. Memang harganya tinggi sekali di luar," pungkasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat