visitaaponce.com

Insiden Tewasnya Presiden Iran Berdampak Minim terhadap Harga Minyak Dunia

Insiden Tewasnya Presiden Iran Berdampak Minim terhadap Harga Minyak Dunia
Ilustrasi.(AFP/APU GOMES)

DIREKTUR Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE), Mohammad Faisal menyatakan bahwa dirinya belum melihat dampak dari insiden tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi ke harga minyak dunia.

"Karena beda dengan kasus dimana Iran terlibat perang. Karena kalau Iran terlibat perang memang bisa mengatrol harga minyak dunia karena muncul keresahan terkait dengan supply minyak. Tapi kalau kasus ini saya rasa dari ketika seorang presiden tewas dan juga sesuai dengan konstitusi negara Iran, ini akan segera digantikan oleh wakil presidennya," kata Faisal saat dihubungi pada Selasa (21/5).

Dengan digantinya pucuk pimpinan negara itu, sambung dia, diharapkan bisa mengurangi keresahan masyarakat termasuk dalam hal pengambilan keputusan terkait perekonomian.

Baca juga : Kematian Presiden Raisi tidak Berdampak Signifikan di Iran

"Kalau buat efek globalnya ke harga minyak ya kita lihat efeknya terhadap ekonomi dan dalam hal suplai minyak. Suplai minyak saya lihat berjalan biasa. Tidak ada disrupsi atas tewasnya presiden Iran ini sehingga dampak terhadap harga minyak masih relatif minimum," terang Faisal.

Akan tetapi, dia melihat bahwa akan ada sedikit guncangan terkait dengan perekonomian Iran pascainsiden tewasnya presiden Iran.

"Karena ada beberapa pimpinan Iran bukan hanya presiden, menteri luar negeri yang tewas disitu sedikit mengganggu dalam hal pengambilan keputusan dalam jangka pendek. Termasuk nanti bagaimana pengganti daripada para pemimpin yang tewas kalau tidak diatur dengan baik bisa merambah kepada perekonomian Iran. Untuk sampai menjalar efeknya ke negara-negara lain saya rasa itu masih relatif kecil," pungkas Faisal. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat