visitaaponce.com

Vladimir Putin Ungkapkan Kesedihan Atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Vladimir Putin Ungkapkan Kesedihan Atas Wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan kesedihan mendalam atas wafatnya Presiden Iran Ebrahim Raisi. (AFP)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin menyampaikan kesedihannya, Selasa malam, saat bertemu dengan Ketua Duma Rusia Vyacheslav Volodin, yang akan berangkat ke Teheran pada Rabu pagi untuk menghadiri upacara pemakaman Presiden Raisi.

Dalam pertemuan tersebut, Putin meminta ketua parlemen untuk menyampaikan belasungkawa kepada Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam dan menginformasikan bahwa Rusia berharap agar hubungan bilateral dapat terus berkembang seperti saat ini.

Presiden Rusia juga menyatakan Ayatollah Raisi adalah mitra yang sangat dapat diandalkan dan "jika kami sepakat pada sesuatu dengannya, kami selalu bisa yakin bahwa kesepakatan tersebut akan dipenuhi."

Baca juga : Pakistan dan Rusia Turut Berpartisipasi dalam Pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi

Dalam pesan sehari sebelumnya, Presiden Rusia menyebut Raisi sebagai sahabat sejati yang berupaya keras untuk mengembangkan tingkat kerja sama strategis antara Moskow dan Teheran.

Sementara itu, Putin juga mengumumkan kesiapan Rusia untuk membantu Iran menyelidiki penyebab kecelakaan helikopter yang menewaskan Presiden Raisi dan rombongan yang menyertainya.

Menurut IRNA, seorang sumber parlemen di Rusia yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepala Duma Negara juga akan hadir dalam sebuah upacara yang akan diadakan di Mashhad, setelah upacara pemakaman di Teheran.

Baca juga : Presiden Rusia Vladimir Putin Bertemu Duta Besar Iran Bahas Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi

Sementara itu, Blok politik dan regional dari beberapa negara Arab yang dikenal sebagai Dewan Kerjasama Teluk (GCC) menyampaikan belasungkawa kembali atas wafatnya presiden Iran, menteri luar negeri, dan rombongan mereka dalam kecelakaan helikopter pada hari Minggu.

Menurut IRNA yang mengutip kantor berita resmi Saudi Arabia, Sekretaris Jenderal GCC Jassim Mohammed Al-Budaiwi mengunjungi kedutaan Republik Islam Iran di Riyadh pada Selasa malam untuk secara pribadi menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Ayatollah Ebrahim Raisi dan rombongan yang menyertainya.

Al-Budaiwi bertemu dan berbincang dengan Duta Besar Iran untuk Saudi Arabia, Alireza Enayati, tentang tragedi yang dialami Republik Islam Iran minggu ini.

Saat menyampaikan belasungkawa, Sekretaris Jenderal Dewan Kerjasama Teluk kembali menekankan solidaritas blok regional Pan-Arab dengan pemerintah dan rakyat Iran dalam situasi sulit ini dan menyampaikan simpati yang mendalam kepada keluarga para martir.

Pada hari Senin, Al-Budaiwi juga termasuk di antara banyak pejabat regional yang mengeluarkan pernyataan yang menyatakan keterkejutan dan kesedihan atas kematian presiden dan menteri luar negeri Iran dalam kecelakaan helikopter, dengan menyatakan bahwa GCC berdiri bersama pemerintah dan rakyat Iran dalam situasi sulit ini. (IRNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat