visitaaponce.com

Presiden Rusia Vladimir Putin Bertemu Duta Besar Iran Bahas Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi

Presiden Rusia Vladimir Putin Bertemu Duta Besar Iran Bahas Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi
Ilustrasi - Pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Ebrahim Raisi tahun 2023.(AFP)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengundang duta besar Iran di Moskow ke kantornya di Kremlin untuk secara pribadi, mengevaluasi dan memeriksa dimensi kecelakaan helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi.

Duta Besar Iran, Kazem Jalali, mengungkapkan berita tersebut dan memberi tahu IRNA tentang detail pertemuan dengan Presiden Federasi Rusia.

"Putin, meskipun hari Minggu adalah hari libur di Rusia, mengadakan pertemuan pukul 22:00 dengan kehadiran pejabat senior dalam lembaga pertahanan dan keamanan negara ini dan atas undangan, saya menghadiri pertemuan ini sebagai duta besar Republik Islam," kata Jalali.

Baca juga : Rusia Kirim Bantuan Pencarian untuk Helikopter Jatuh Presiden Iran

Dia menambahkan: "Menteri Pertahanan Rusia, Andrey Belousov; Sekretaris Dewan Keamanan Nasional, Sergei Shoigu; Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Valery Gerasimov; Menteri Pertahanan Sipil, Darurat, dan Bantuan Bencana Alexander Korenkov; Asisten Khusus Presiden, Igor Levitin dan salah satu pejabat senior Organisasi Keamanan Federal hadir dalam pertemuan itu."

"Putin pertama-tama menyampaikan kepada saya dan mengatakan kami sangat sedih dengan kecelakaan helikopter Presiden Iran dan kami akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membantu," kata duta besar Iran saat menjelaskan pertemuan tersebut.

Menurutnya, Putin mengatakan "kami sangat khawatir dan sedih dalam hal ini. Pastikan untuk menyampaikan pesan saya kepada Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam bahwa kami siap melakukan apa pun yang diperlukan".

Baca juga : Rusia Mendesak Israel Batalkan Serang Iran

Selama pertemuan, menurut Jalali, Presiden Rusia juga mengumumkan negara ini telah menyiapkan dua pesawat dengan 50 pasukan terbaik negara tersebut, dengan perlengkapan lengkap dan pendaki terlatih untuk memasuki area kecelakaan.

Jalali melanjutkan: "Selain itu, dua helikopter Rusia juga siap untuk bergabung dalam operasi penyelamatan dari Armenia pada hari Senin pagi".

Duta besar Iran menjelaskan tentang kondisi cuaca buruk ketika presiden Rusia bertanya tentang detail kejadian dan apakah sinyal diterima dari helikopter yang malang. (IRNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat