visitaaponce.com

Rekor Inflasi Zona Euro masih Naik lagi di Juni

Rekor Inflasi Zona Euro masih Naik lagi di Juni
Seorang pria berdiri di depan mesin tiket di stasiun kereta api, Jerman.(AFP/Ina Fassbender.)

INFLASI zona euro melaju ke rekor tertinggi lain di Juni. Ini karena konsekuensi dari perang Ukraina terus memukul ekonomi Eropa.

Badan data Eurostat Uni Eropa, Jumat (1/7), mengatakan kenaikan harga konsumen di 19 negara yang menggunakan euro mencapai 8,6% pada Juni. Ini melompat dari rekor sebelumnya 8,1% sebulan sebelumnya.

Harga konsumen di zona euro telah mencapai rekor sejak November diterpa harga energi setinggi langit. Ini disebabkan oleh dampak invasi Rusia ke tetangganya Ukraina.

Bank Sentral Eropa mengatakan akan melakukan apa pun untuk membawa inflasi kembali ke tingkat targetnya. Ditambah lagi ada tekanan politik yang tinggi untuk mengendalikan harga energi dan makanan.

Baca juga: Inflasi Sri Lanka yang Bangkrut Lampaui 50%

Pada pertemuan terakhir ECB, pembuat kebijakan menyetujui kenaikan suku bunga pertama bank dalam lebih dari satu dekade. Peningkatan seperempat poin, yang akan berlangsung pada pertemuan berikutnya pada 21 Juli, akan menaikkan suku bunga dari posisi terendah bersejarah mereka.

"Kami akan melangkah sejauh yang diperlukan untuk memastikan bahwa inflasi stabil pada target 2% kami dalam jangka menengah," kata kepala ECB Christine Lagarde, Selasa. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat