visitaaponce.com

Inflasi Zona Euro ke Level Terendah dalam Dua Tahun Terakhir

Inflasi Zona Euro ke Level Terendah dalam Dua Tahun Terakhir
Grafik yang menunjukkan perubahan tingkat inflasi zona euro sejak 1997.(AFP/Samuel Barbosa dan Gal Roma.)

TINGKAT inflasi tahunan di zona euro turun ke level terendah dalam dua tahun pada November. Badan statistik resmi UE mengatakan itu pada Kamis (30/11).

Kenaikan harga konsumen di 20 negara blok mata uang tunggal mencapai 2,4%, menurut data Eurostat, terendah sejak Juli 2021. Angka tersebut mengalahkan perkiraan konsensus para analis yang dikumpulkan perusahaan data keuangan FactSet yang mengatakan inflasi akan melambat menjadi 2,7% pada November dari 2,9% pada Oktober.

Data tersebut akan memberikan kenyamanan bagi Bank Sentral Eropa (ECB), yang telah menghentikan penaikan suku bunga yang belum pernah terjadi, bahwa mereka terus mengendalikan inflasi yang sedang membara. Namun data tersebut kemungkinan akan memacu harapan bahwa badan yang berbasis di Frankfurt tersebut dapat mempertimbangkan penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Baca juga : Inflasi dan Tingkat Suku Bunga Pukul Prospek Pertumbuhan Zona Euro

Inflasi terus menurun sejak mencapai puncaknya sebesar 10,6% pada Oktober 2022 menyusul gejolak pasar yang disebabkan oleh perang Rusia terhadap Ukraina. Namun inflasi masih di atas target ECB sebesar dua persen.

Inflasi inti, yang tidak mencakup harga energi, pangan, alkohol, dan tembakau yang bergejolak, juga melambat menjadi 3,6% di November dari 4,2% di Oktober. Inflasi inti ialah sinyal utama bagi ECB.

ECB mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan terakhirnya di Oktober. Namun, ketuanya, Christine Lagarde, telah memperingatkan guncangan energi lain dapat mendorong inflasi melonjak lagi. "Mungkin akan ada kebangkitan angka yang lebih tinggi di masa depan dan kita harus memperkirakan hal itu," kata Lagarde pada 10 November.

Baca juga : ECB akan Pertahankan Suku Bunga karena Inflasi Turun

Kenaikan harga makanan dan minuman juga melambat mencapai 6,9% pada November dibandingkan dengan 7,4% pada Oktober, menurut Eurostat. Namun, harga energi di zona euro semakin merosot di November sebesar 11,5% dibandingkan dengan penurunan sebesar 11,2% di bulan sebelumnya.

Belgia ialah satu-satunya negara yang memiliki harga konsumen turun pada November sebesar 0,7%, menurut angka Eurostat. Ada juga secercah harapan bagi negara dengan ekonomi terbesar di Eropa ini karena inflasi semakin melambat di Jerman mencapai 2,3% pada November dari 3,0% pada Oktober. (AFP/Z-2)

Baca juga : Bank Sentral Eropa Naikkan Suku Bunga lagi atau Tidak?

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat