visitaaponce.com

PLN Kembangkan Destinasi Wisata Lombok Timur yang Berada di Bawah Jalur SUTT

PLN Kembangkan Destinasi Wisata Lombok Timur yang Berada di Bawah Jalur SUTT
Desa Wisata di Lombok Timur yang berada di bawah SUTT PLN(Dok PLN)

SELAIN menjaga keandalan pasokan listrik, PT PLN (Persero) turut mendukung sektor pariwisata, salah satunya dengan mengembangkan wisata alam Gumbang Ganang di Desa Obel Obel, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengembangan destinasi wisata yang berada di bawah jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV FTP 2 – Bayan ini hasil kolaborasi antara PLN Peduli dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Maju Bersama Desa Obel Obel.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara Wahidin menjelaskan program pengembangan wisata alam Gumbang Ganang untuk pengembangan lingkungan melalui konsep wisata.

"Daerah wisata ini menunjukkan infrastruktur listrik PLN tidak menjadi hambatan dalam pembangunan pariwisata,” ucapnya dalam keterangan resmi, Rabu (10/8).

Wahidin menuturkan, langkah tersebut menjadikan potensi alami sebagai destinasi wisata baru yang menciptakan potensi ekonomi bagi masyarakat sekitar dan dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

"Dengan konsep kawasan wisata alam yang menjaga kesinambungan ekosistem, ke depan diharapkan menciptakan kemandirian ekonomi bagi kelompok masyarakat di Desa Obel Obel," ujar Wahidin.

Baca juga: Bakal Ada Kampung Lobster di Lombok Timur

Pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Maju Bersama Srinom menceritakan pengembangan wisata Gumbang Ganang harus bisa menjadi wisata murah meriah.

"Kami yang berada tepat di bawah jaringan SUTT, sampai saat ini baik–baik saja, dan terus beraktivitas seperti biasanya,” terangnya.

Ia berujar adanya sarana wisata yang layak dan tertata dengan baik menjadi kebutuhan masyarakat di sekitar Kecamatan Sambelia, yang secara akses lokasi dikatakan cukup jauh dari kota dan destinasi hits lainnya.

“Tidak sedikit pengunjung yang datang dari kota, dengan dukungan fasilitas dari PLN, harapan kami menciptakan hasil yang maksimal untuk pengembangan sektor pariwisata," pungkasnya.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat