visitaaponce.com

Indonesia-Filipina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Indonesia-Filipina Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan
Presiden Jokowi berbincang dengan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos di Istana Kepresidenan Bogor.(Antara)

INDONESIA dan Filipina berkomitmen untuk terus meningkatkan volume dan nilai perdagangan di masa mendatang. Komitmen itu disepakati dalam pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dan Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr di Istana Kepresidenan Bogor.

"Mengenai kerja sama bilateral, kita ingin mendorong peningkatan volume perdagangan secara signifikan. Dibandingkan tahun lalu, perdagangan Indonesia dan Filipina sudah naik hampir 50%," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, dalam keterangan pers bersama, Senin (5/9).

Baca juga: Neraca Perdagangan RI Surplus Selama 27 Bulan

Secara khusus, pemerintah berupaya meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman, produk kelapa dan rumput laut, serta farmasi. Adapun, salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk mencapai komitmen tersebut, yakni membuka akses transportasi antarkedua negara.

Kepala Negara ingin ada jalur pelayaran dan penerbangan khusus, yang bisa digunakan untuk keperluan niaga antara Indonesia dan Filipina. "Saya mengajak Filipina mengembangkan potensi perdagangan, dengan membuka konektivitas di wilayah perbatasan. Saya mengusulkan revitalisasi jalur Kapal Roro Bitung-Davao dan jalur penerbangan Manado-Davao," imbuhnya.

Baca juga: Panglima Militer AS: Indonesia Negara Penting Bagi Kami

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, nilai perdagangan Indonesia dengan Filipina pada 2021 mencapai US$9,8 miliar. Angka tersebut tumbuh 52,12% dari tahun sebelumnya, sekaligus menjadi rekor tertinggi sejak 1989.

Diketahui, nilai ekspor Indonesia tercatat sebesar US$8,6 miliar dan nilai impor US$1,2 miliar. Aertinya, neraca perdagangan Indonesia terhada Filipina surplus sebesar US$7,3 miliar.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat