visitaaponce.com

Jangan Bingung, Begini Cara Naik Kereta Api Jarak Jauh Bagi Pemula

Jangan Bingung, Begini Cara Naik Kereta Api Jarak Jauh Bagi Pemula
Traveling dengan kereta api mungkin bisa jadi pengalaman yang menyenangkan bagi setiap orang.(Ist/PT KAI)

TRAVELING dengan kereta api mungkin bisa jadi pengalaman yang menyenangkan bagi setiap orang. Selain bersama teman-teman dan keluarga, kita juga bisa nikmati solo traveling menggunakan kereta api. 

Sama halnya dengan beberapa jenis transportasi publik pada umumnya, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum memulai perjalanan menggunakan kereta api.

Namun, masih ada sebagian orang yang bingung bagaimana cara naik kereta api terutama saat pertama kali. 

Buat kamu yang masih pemula dan belum tahu cara naik kereta api, simak tahapan-tahapan cara naik kereta api jarak jauh di bawah ini. Caranya mudah dan tidak ribet, dijamin setelah itu kamu nggak akan kebingungan lagi. Berikut tahapannya:

1. Pesan tiket

Sebelumnya, tentu kamu harus merencanakan perjalananmu dengan matang dan cermat. Salah satunya tentu saja terkait tiket perjalanan. Saat ini, pemesanan tiket kereta api dapat kamu lakukan di mana pun dengan mudah.

Akan semakin mudah jika kamu memesan tiket melalui aplikasi KAI Access karena berbagai fitur di dalamnya membuat kamu cukup menggunakan aplikasi ini saja untuk memesan tiket, melakukan pembayaran, memesan makanan, dan memesan transportasi dari dan menuju stasiun.

Selain itu, tiket juga dapat dipesan melalui website kai.id ataupun channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Saat memesan tiket, kamu akan diminta untuk memilih stasiun asal dan stasiun tujuan, tanggal berangkat, serta jumlah penumpang.

Kemudian siapkan nomor kartu tanda penduduk kamu dan pilihlah kursi yang ingin kalian duduki saat di kereta. Terakhir lakukanlah. pembayaran sesuai dengan harga tiket yang kalian pesan.
2. Datang lebih awal ke stasiun

Jadwal kereta api saat ini on time. Jadi jangan sekali-kali datang terlambat jika tidak ingin tertinggal. Oleh karena itu, usahakan datang lebih awal sebelum jadwal perjalan kereta. Lebih baik kamu menunggu di stasiun, ketimbang ketinggalan kereta api.

3. Lakukan check-in dan cetak boarding pass

Langkah selanjutnya, yakni melakukan check-in. Tahapan ini harus kamu lakukan sebelum pemberangkatan. Apabila kamu membeli tiket melalui KAI Access, maka tidak perlu cetak boarding pass di stasiun.

Kamu dapat melakukan check-in melalui aplikasi mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Namun untuk pembelian tiket di luar aplikasi KAI Access, kamu harus mendatangi mesin check-in mandiri yang disediakan di zona 3 stasiun keberangkatan.

Agar tak tertinggal, pastikan kamu telah melakukan check-in dan mencetak boarding pass sekurang-kurangnya satu jam sebelum pemberangkatan. KAI mengizinkan kamu untuk melakukan check-in minimal 7×24 jam sebelum tanggal keberangkatan.

4. Siapkan boarding pass dan kartu identitas

Untuk masuk ke zona 2 stasiun kamu harus menunjukkan boarding pass dan kartu identitas kepada petugas boarding. Petugas akan memindai boarding pass kamu dan dicocokkan dengan kartu identitasmu.

Petugas juga akan menginformasikan waktu kedatangan dan posisi jalur keretamu nanti.

Bagi kamu yang berusia 18 tahun ke atas, wajib untuk vaksin booster.

Sedangkan usia 6-17 tahun wajib telah melakukan vaksinasi kedua. Bila semua persyaratan sudah lengkap, kamu tinggal masuk dan menunggu waktu keberangkatan di zona 2.

5. Tunggu kedatangan kereta api

Setelah masuk ke area zona 2, selanjutnya kamu hanya perlu menunggu kedatangan kereta api. Jangan ragu bertanya kepada petugas jika bingung mencari peron kereta.

Saat menunggu, kamu dapat menggunakan waktumu untuk sekadar ngemil, membaca berita, buka sosial media, atau melakukan kegiatan positif lainnya.

Di ruang tunggu zona 2 juga terdapat beberapa fasilitas untuk pelanggan seperti tempat duduk, charging station, toilet, musala, dsb.

6. Naik kereta api dan cari tempat duduk

Petugas akan memberikan pengumuman melalui pengeras suara ketika kereta akan tiba. Kamu hanya tinggal masuk ke zona 1 dan petugas akan mengarahkan menuju keretamu.

Jangan lupa untuk membaca dengan seksama nama kereta dan nomor kursi yang ada pada boarding pass. Pastikan masuk ke kereta dan duduk sesuai dengan nomor yang sudah dipesan.

Simpan barang bawaan di tempat penyimpanan yang sudah tersedia. Setelah itu, kamu hanya perlu duduk manis sambil menunggu kereta berangkat.

Nah itulah tadi tahapan yang harus kamu lakukan saat akan naik kereta api jarak jauh untuk pertama kali. Bagaimana? Mudah bukan? Setiap pelanggan juga diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

"Selama menggunakan kereta api, kami mengimbau para pelanggan untuk tidak membawa barang berlebihan dan menggunakan perhiasan yang mencolok untuk meminimalisir kemungkinan tindak kejahatan," jelas VP Public Relatins KAI Joni Martinus. 

"Karena masih dalam situasi pandemic, pastikan juga untuk tetap patuhi protokol kesehatan dan pastikan tubuh dalam kondisi sehat untuk keselamatan dan kesehatan diri, juga untuk orang-orang sekitar agar tetap merasa aman dan nyaman selama di perjalanan," pungkas  Joni Martinus. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat