visitaaponce.com

Garuda Mau Restorasi 14 Unit Pesawat dengan Dana Rp5 Triliun

Garuda Mau Restorasi 14 Unit Pesawat dengan Dana Rp5 Triliun
Petugas membongkar muatan kargo dari pesawat Garuda Indonesia.(Antara)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan merestorasi 14 pesawat jenis Boeing 737 dengan anggaran mencapai Rp5 triliun. Dana tersebut sebagian besar dari penyertaan modal negara (PMN) yang ditargetkan cair pada bulan depan.

Selama pandemi covid-19, sejumlah pesawat Garuda dikandangkan (grounded) karena jumlah penumpang yang turun drastis. Alhasi, jumlah pesawat yang beroperasi pun berkurang. Untuk mengoperasikan kembali, dibutuhkan perawatan rutin terhadap pesawat.

Baca juga: Tahun Depan, Pelita Air Mau Buka Penerbangan Haji dan Umrah

"Salah satu target kita tahun ini, mengaktifkan kembali pesawat yang ada. Nanti, 14 pesawat kita hidupkan lagi," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Rabu (26/10).

Dengan adanya reaktivasi armada, Irfan menargetkan sebanyak 60 unit pesawat yang akan terbang hingga akhir 2022. Saat ini, Garuda mengoperasikan 40 armada pesawat, baik ke penerbangan domestik maupun internasional.

"Kami berharap 60 pesawat aktif pada akhir tahun ini, plus ditambah Citilink 60 (pesawat) juga. Butuh kerja keras memang, tapi optimis bisa tercapai," tegasnya.

Baca juga: Erick Akan Tingkatkan Kerja Sama BUMN-Pemprov DKI

Untuk mengantisipasi lonjakan puncak musim libur di akhir tahun atau peak season, maskapai nasional menyediakan 2,7 juta seat. Untuk menarik pelanggan, Garuda akan mengoperasikan kembali rute internasional, yakni Narita di Jepang dan Melbourne di Australia.

"Kami melihat ada antusiasme publik yang tinggi, karena ada pembukaan rute baru. Kami akan membuka rute ke Narita, Melbourne dan juga mengoptimalkan perjalanan umrah," jelas Irfan.(OL-11)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat