visitaaponce.com

Sekjen DPR Sahkan Pembentukan IKAPBN Guna Optimalisasi Peran Analis APBN

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mengesahkan pembentukan organisasi profesi Ikatan Analis Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (IKAPBN) guna mengoptimalkan potensi dan peran Analis APBN.

Pengesahan organisasi profesi ini juga bersamaan dengan pengangkatan pemilihan Ketua IKAPBN, Slamet Widodo, dalam kongres pertama IKAPBN.

"IKAPBN sebagai organisasi profesi yang terbentuk pertama kali dari Setjen DPR RI. Diharapkan dapat membawa nama baik DPR RI melalui kontribusi yang nyata dalam peningkatan kualitas anggaran di Indonesia," jelasnya.

"IKAPBN dapat menjadi best practice demi kepentingan organisasi profesi dan jabatan internal lainnya yang ada di Setjen DPR," kata Indra dalam kongres IKAPBN di Pasar Minggu, Jakarta, Senin (12/12).

Indra menilai, dewasa kini permasalahan publik semakin kompleks, sehingga menuntut kepedulian semua pihak.

Para pemangku kepentingan, para Analis APBN, akademisi maupun praktisi diharapkan mampu bekerja sama antar berbagai keahlian agar dapat menghasilkan suatu APBN yang berkualitas.

Baca juga: Pengawasan Serapan Anggaran Perlu Ditingkatkan

"Organisasi profesi analis APBN ini (IKAPBN) dapat menjadi wadah penting untuk meningkatkan profesionalisme dan juga kompetensi analis APBN. Melalui organisasi profesi ini (IKAPBN) diharapkan dapat memperluas jaringan analis APBN untuk bekerjasama dengan berbagai pihak dari akademis maupun praktisi," ungkap Indra.

Diketahui, Setjen DPR RI membentuk IKAPBN sebagai sistem pendukung Badan Keahlian DPR RI yang menaungi Analis APBN dalam peran strategis memastikan APBN yang berkualitas.

“Analis APBN sebagai salah satu sistem pendukung Badan Keahlian DPR RI harus meningkatkan kapasitas dan kinerjanya dalam menghasilkan terobosan analisis yang berkualitas dan independen untuk berkontribusi meningkatkan kinerja APBN yang lebih baik lagi," tutup Indra.

Dalam kesempatan ini, Slamet Widodo yang terpilih sebagai Ketua IKAPBN turut menyampaikan harapannya untuk pencapaian IKAPBN.

“Saya harap organisasi ini bisa bermanfaat bagi pemangku kepentingan, terutama para Anggota DPR dalam mendukung pelaksanaan fungsi anggaran. Ke depannya kita selalu punya komitmen untuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan kita. Secara umum, kita juga bisa bermanfaat untuk masyarakat," ucap Slamet Widodo. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat