visitaaponce.com

Tableflow, Teknologi yang Meningkatkan Kecepatan dan Ketepatan Analisis Data

Tableflow, Teknologi yang Meningkatkan Kecepatan dan Ketepatan Analisis Data
Ilustrasi analisis data.(Dok. Freepik)

KECEPATAN dan ketepatan pengolahan data menjadi salah satu kunci sukses pengembangan bisnis. Terlebih di era sekarang, ketika data dihasilkan dari berbagai sumber dalam volume yang sangat besar dan dinamis, berubah dari waktu ke waktu. Tak mengherankan, penggunaan teknologi data streaming semakin populer, termasuk penggunaan Apache Kafka, sebuah software untuk mengirim, menyimpan, dan memproses aliran data secara real-time.

Saat ini, sejumlah pihak menyediakan layanan data streaming berbasis Apache Kafka. Salah satunya ialah Confluent, perusahaan global yang didirikan oleh para pencipta Apache Kafka. Confluent memberikan layanan data streaming melalui produk mereka, Confluent Cloud. Layanan ini terus dikembangkan dari waktu ke waktu. Terakhir, Confluent mengumumkan kemampuan fitur baru mereka yang disebut Tableflow.  Apa saja manfaatnya?

Mengawali penjelasannya, Area Vice President Confluent untuk Asia, Rully Moulany, menungkapkan, salah satu tantangan yang banyak dihadapi perusahaan dalam pemrosesan data ialah bagaimana menghubungkan data operasional yang berupa data mentah dari berbagai sumber dengan bagian analisis data. Keduanya biasanya masih terkotak-kotak dalam organisasi.

Baca juga : Platform Bunker Tawarkan Cara Tingkatkan Visibilitas Keuangan Perusahaan

Dari sisi teknis, ruang lingkup operasional mencakup aplikasi SaaS, serta aplikasi khusus dan basis data yang mendukung bisnis seperti Oracle, Salesforce, dan ServiceNow. Adapun ruang lingkup analisis data mencakup data warehouses, data lakes, dan analytics engines yang mendukung pengambilan keputusan melalui analisis data.

“Nah, fitur Tableflow ini mampu mengubah data operasional menjadi tabel Iceberg (tabel terbuka untuk himpunan data analitis besar) dalam satu klik, untuk memasok data ke data warehouse, data lake, atau mesin analisis apa pun, baik untuk penggunaan pemrosesan real-time (seketika) maupun batch (pemrosesan data secara berkala),” ujar Rully dalam diskusi bersama media di Jakarta, baru-baru ini.

Tiga Manfaat

Lebih rinci Rully menjelaskan, dengan menggunakan Tableflow, pengguna Confluent Cloud bisa mendapatkan tiga manfaat. Pertama yaitu dapat membuat topik Kafka tersedia sebagai tabel Iceberg dalam satu klik. Kedua, memastikan tabel Iceberg terus diperbarui dengan data streaming terbaru yang bersumber dari data perusahaan maupun sumber lain. Ketiga, memberikan produk data berkualitas tinggi, sebab Tableflow bekerja bersama dengan fitur Confluent Cloud lainnya, termasuk fitur Stream Governance dan Apache Flink yang mampu membersihkan, memproses, atau memperkaya data secara streaming.

“Dengan demikian, hanya produk data berkualitas tinggi yang masuk ke dalam data lake pengguna Confluent Cloud untuk analisis data dan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat,” pungkas Rully. (RO/B-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat