visitaaponce.com

Mendag Akui Harga Sejumlah Bahan Pangan Naik

Mendag Akui Harga Sejumlah Bahan Pangan Naik
Ilustrasi(MI/Agung Wibowo)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengakui sejumlah bahan pangan pokok mengalami kenaikan harga menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Salah satunya adalah telur. Ia mengatakan, di musim liburan seperti sekarang, harga komoditas tersebut kerap melambung lantaran banyaknya permintaan akan kue atau makanan olahan di masyarakat.

"Ini kan banyak yang bikin kue. Permintaanya naik jadi harganya juga naik. Seharusnya Rp27ribu sampai Rp29 ribu per kilogram, sekarang sudah Rp31 ribu per kilogram," ujar Zulkifli selepas mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/12).

Untuk mengatasi persoalan itu, ia mengaku telah menggelar rapat bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavia dan seluruh kepala daerah. Dalam rapat tersebut, pusat menginstruksikan daerah memberi subsidi biaya transportasi untuk pengiriman telur. "Kalau harganya sudah naik lebih dari 5%, kita minta dibantu biaya tranportasi. Jangan sampai harganya lebih dari Rp32 ribu. Kalau ambil telur dari Jawa untuk ke Kalimantan ongkos transportasinya ditanggung," jelas Ketua Umum PAN itu.

Selain telur, komoditas pangan yang mengalami lonjakan harga adalah beras. Namun, Zulkifli memastikan dalam beberapa hari ke depan, harga sudah kembali turun.

Pasalnya, beras impor dari Vietnam sudah masuk ke Tanah Air dan disebar melalui program operasi pasar. "Beras kemarim sudah masuk 200 ribu ton. Sudah operasi pasar dari Bulog jadi dijamin harga Rp9.450 per kilogram. Di manapun akan ada terus barangnya," lanjut pria yang akrab disapa Zulhas itu.

Satu komoditas lain yang juga naik adalah sayur-mayur. Namun, itu dianggap lumrah karena lonjakan hanya bersifat musiman. "Kebutuhannya memang naik pada saat Natal dan tahun baru. Sekarang naik 5% tidak apa-apa. Kita toleransi karena nanti akan landai lagi," tutupnya. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat