visitaaponce.com

Greens Buka Gerai Pertanian Multidimensi di Mal

Greens Buka Gerai Pertanian Multidimensi di Mal
Greens menciptakan inovasi baru dalam penyajian pangan kaya nutrisi yang disebut dengan live salad yang dihadirkan dalam mal.(DOK Pribadi.)

GREENS, startup di bidang teknologi agrikultur (agritech), membuka pusat pertanian multidimensi pertama di Jakarta Pusat tepatnya di Plaza Indonesia Lantai 5, Selasa (20/12). Greens menciptakan inovasi baru dalam penyajian pangan kaya nutrisi yang disebut dengan live salad yang dihadirkan dalam mal. Setelah memilih menu, pembeli dapat melihat langsung cara salad disajikan. 

Uniknya, sayuran microgreens yang menjadi bahan utama dari salad tersebut ditanam dan dipanen langsung di mal itu. Maklum, Greens mengadopsi sistem pangan hyperlocal alias tempat sumber pangan ditanam, dipanen dan disajikan di tempat yang sama sehingga sumber pangan aman, terjamin kualitasnya, dan bernilai gizi tinggi.

Teknologi agrikultur Greens berbentuk pod yang memanfaatkan sistem penanaman dalam ruangan menggunakan teknologi blockchain, artificial intelligence (AI), dan internet of things (IoT) untuk menciptakan desentralisasi sumber pangan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Greens pod dapat mengatur suhu udara, kelembapan udara, pengaturan cahaya, hingga perencanaan penanaman sumber pangan jangka panjang sehingga hasil panen terprediksi, lebih konsisten, dan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. 

Karena bentuknya yang portabel dan moduler, Greens pod mudah ditempatkan di berbagai lokasi sehingga dapat menghasilkan hasil tanam yang dapat langsung di panen, diolah, dan dikonsumsi di tempat yang sama (hyperlocal food). Greens memiliki misi untuk mencegah kehilangan sumber pangan (food loss) dan menghadirkan sumber nutrisi yang terbaik.

"Greens menghadirkan sistem pertanian metafarming. Artinya, masyarakat dapat berkontribusi secara langsung untuk menanam serta menghasilkan sumber pangannya sendiri di dunia virtual dan dapat dipanen di dunia nyata. Kami berharap langkah ini dapat menjadi kegiatan ekonomi kreatif. Pengembangan bisnis ini tentu perlu dukungan pemerintah agar semakin banyak masyarakat yang mengenal dan berpartisipasi menjadi petani online sehingga visi & misi kami mengenai sistem ketahanan pangan dapat terwujud. Oleh karena itu, menjadi kehormatan bagi kami saat Bapak Sandiaga Uno mau hadir untuk meresmikan gerai kami," ujar Erwin Gunawan, Co-Founder & Chief Business Officer Greens.

Ekonomi kreatif merupakan proses ekonomi yang termasuk kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya. Dalam konsep ekonomi kreatif, salah satu hal terbesar yang dibutuhkan ialah kreativitas. Hal itu karena industri kreatif merupakan inti dari bidang ekonomi kreatif yang digerakkan oleh para kreator dan inovator. 

Namun, kreativitas tersebut tidak hanya terbatas pada kegiatan produksi, tetapi juga penggunaan bahan baku serta inovasi suatu teknologi. Pada intinya ekonomi kreatif merupakan suatu bidang yang memiliki hubungan erat dengan kreativitas, ide, serta sumber daya manusia yang kemudian dikombinasikan dengan digitalisasi masa kini. Inilah yang menjadikan Greens menjadi bagian dari pelaku ekonomi kreatif. Pembukaan gerai itu dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, dan CEO Plaza Indonesia Tan Boon Piin. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2022. (RO/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat