visitaaponce.com

Wakil Rektor IV ITPLN Raih Gelar ASEAN Engineer

Wakil Rektor IV ITPLN Raih Gelar ASEAN Engineer
Pawenary.(DOK Pribadi.)

SETELAH pada Juli 2022 meraih Sertifikat Insinyur Profesional Utama (IPU) merupakan derajat insinyur profesional tertinggi pada Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Pada bulan ini Pawenary melengkapi raihan pengakuan profesionalitas keinsinyurannya dengan mencatatkan prestasi mendapatkan gelar ASEAN Engineer atau biasa disingkat ASEAN Eng dikeluarkan oleh The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO). 

Pawenary yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Usaha Institut Teknologi PLN dinyatakan lulus dan disetujui sebagai ASEAN Engineer dengan Nomor AE-12510 pada 40th AFEO Governing Board Meeting 2022 yang diselenggarakan pada 7 Desember 2022 di Phnom Penh, Kamboja. Pencapaian yang diperoleh Pawenary merupakan pengakuan atas kompetensi sebagai insinyur dari ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO) melalui Program ASEAN Engineering Register (AER) tahun 2022.

The AFEO adalah perkumpulan berbagai lembaga keinsinyuran resmi dari negara-negara anggota ASEAN. Terdapat 10 negara yang tercatat sebagai anggota yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam. 

Organisasi ini memiliki tujuan membangun kerja sama dan saling pengertian antaranggota dan mengembangkan standar profesi keinsinyuran serta memfasilitasi mobilitas para insinyur di wilayah Asia Tenggara. ASEAN Eng sertifikat yang ditandatangani oleh HE Sokhom Rithivuth sebagai Chairman AFEO ini berlaku seumur hidup.

Selain jabatan struktural sebagai Wakil Rektor IV, ia memiliki jabatan fungsional yang disandang oleh Pawenary saat ini, baik di dunia akademis sebagai lektor kepala/Assoc. professor, konsultan project management, Wakil Ketua Umum Himpunan Ahli Rancangbangun Elektro Indonesia (HAREI), anggota Masyarakat Energi Terbarukan Indoensia (METI), Asesor Ketenagalistrikan pada Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) yang terdaftar pada Dirjen Ketenagalistrikan (DJK). Saat ini selain menjadi pengurus PII, ia merupakan salah satu asesor pada Majelis Uji Kompetensi (MUK) di PII. 

"Selamat atas diraihnya predikat ASEAN Eng. Semoga pencapaian ini dapat memotivasi civitas akademika ITPLN, baik para dosen, alumni, maupun mahasiswa untuk dapat mengejar sertifikasi nasional maupun internasional, termasuk berkiprah dalam pentas global sebagai realisasi salah satu wujud visi ITPLN yaitu internasional," ucap Iwa Garniwa, Rektor ITPLN, mengomentari pencapaiannya tersebut. (RO/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat