visitaaponce.com

Pilot AS Relakan Nyawa demi Bela Gaza Palestina

Pilot AS Relakan Nyawa demi Bela Gaza Palestina
Samra'a Luqman (kanan) membagikan brosur di luar Masjid American Moslem Society untuk meminta pemilih agar tidak memilih Joe Biden.(AFP/Jeff Kowalsky)

PERWIRA Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) Aaron Bushnell, 25, yang membakar dirinya sendiri di luar kedutaan Israel di Washington DC sebagai protes terhadap perang di Gaza ialah seorang insinyur. Dia bercita-cita tinggi di bidang teknologi setelah keluar dari militer.

Memiliki riwayat pendidikan dan pengalaman kerjanya dalam pengembangan perangkat lunak dan administrasi sistem Linux, Bushnell mengatakan dia ingin beralih dari Angkatan Udara AS ke bidang rekayasa perangkat lunak. Ia memuji keberhasilan militernya dan mengeklaim bahwa mendapatkan pujian dari para pemimpin senior atas kemampuannya menjelaskan masalah-masalah teknis yang rumit.

"Sepanjang masa saya di militer, baik dalam peran kepemimpinan dan pengikut serta pengalaman kerja sebelumnya dalam berbagai peran sipil, saya telah berkembang dalam lingkungan tim dan memperoleh keterampilan komunikasi yang sangat baik," katanya. Ia dapat memanfaatkan keterampilan tersebut dalam peran apa pun. Ia mengaku benar-benar bersemangat dalam menulis perangkat lunak dan tidak sabar untuk membantu mendorong inovasi di dunia sipil.

Baca juga : Israel Hantam Rafah saat Perundingan Gencatan Senjata Berlangsung

Diketahui bahwa dia sedang mengejar gelar sarjananya di bidang rekayasa perangkat lunak komputer, tetapi tidak jelas tempat ia belajar. Biografinya menyatakan, "Saat ini saya sedang mengejar gelar Sarjana Rekayasa Perangkat Lunak dari Universitas Western Governor dan telah mengambil beberapa kelas tambahan dalam pengembangan perangkat lunak di luar perguruan tinggi."

Dia bertugas sebagai insinyur penerbang DevOps yang berbasis di San Antonio, Texas. Bushnell mengaku memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik dan dapat berkembang dalam lingkungan tim.

Bushnell sedang mengejar gelar sarjana di bidang rekayasa perangkat lunak komputer dan bersertifikat CompTIA Security+, suatu kredensial yang menunjukkan bahwa ia memiliki keterampilan dasar untuk menjalankan fungsi keamanan inti dan mengejar karir keamanan TI. Namun, dia memiliki hubungan dengan setidaknya dua kelompok anarkis, Burning River Anarchist Collective dan Mutual Aid Street Solidarity, keduanya berbasis di Ohio. Bushnell mengikuti kedua grup tersebut di Facebook.

Baca juga : PBB Ingatkan Ledakan Kematian Anak Gaza karena Bencana Kelaparan

Dia tampaknya dibesarkan dalam keluarga Kristen yang taat dan bahkan bekerja untuk Paraclete Press, penerbit buku dan musik Kristen yang berbasis di Massachusetts tempat ibunya masih bekerja, menurut situs web perusahaan tersebut. Ayahnya memiliki perusahaan konstruksi.

Selama masa mudanya, Bushnell juga tampil di marching band dalam ruangan lokal bernama Spirit Winter Percussion. Namun, sejarah pendidikan Bushnell tidak mencantumkan universitas yang berbasis di Utah dan malah mencantumkan Southern New Hampshire University sebagai tempat studinya saat ini. Profilnya menunjukkan dia mendaftar di sekolah tersebut pada Mei 2022 dan diharapkan lulus pada Mei 2025.

Profil LinkedIn-nya juga menyatakan bahwa dia kuliah di Kampus Global Universitas Maryland dari Januari hingga November 2023. Bushnell dilaporkan telah menjadi anggota Angkatan Udara sejak Mei 2020, ketika ia memulai pelatihan dasar. Profilnya menyatakan bahwa dia lulus dengan gelar terbaik dan terbaik di kelasnya pada November tahun itu.

Baca juga : Lula dan Blinken Bertemu, Setelah Brasil Sebut Israel Lakukan Holocaust di Gaza

Dia mengatakan bahwa dia dilatih sebagai Teknisi Sistem Klien dan memiliki pengalaman langsung dalam memecahkan masalah, membangun, dan memperbaiki sistem informasi komputer. Dia juga mengikuti pelatihan keamanan siber dan mendapatkan sertifikasi CompTIA Security+.

Dia ditempatkan di Texas pada Desember 2020 dan bekerja di bidang pemantauan dan pengawasan infrastruktur TI. Dia dipromosikan menjadi insinyur DevOps pada Maret 2023.

Sebelum dinas militernya, Bushnell bekerja di bidang TI dan pengembangan web di Paraclete Press di Brewster, Massachusetts selama dua tahun. Dia membantu mendukung penerbit Kristen dengan fungsi TI dan memelihara situs web e-niaganya.

Baca juga : AS Ingin Gencatan Senjata Sementara di Gaza, Hamas Ogah

Ibunya, Danielle, ialah Administrator Pembeli dan Kontrak di Paraclete Press. Dia sangat diberkati untuk menjadi bagian dari melaksanakan misi organisasi tersebut selama 27 tahun dan terus bertambah, situs web perusahaan tersebut menyatakan.

Ayahnya David adalah seorang tukang kayu dan pemilik Bushnell Construction, menurut profil LinkedIn miliknya. Bisnis ini beroperasi di Orleans, Massachusetts tempat David dan Danielle pindah pada 1994 bersama kedua putra mereka.

Bushnell dan saudaranya Sean ialah anggota ansambel perkusi Spirit Winter Percussion juga berbasis di Orleans. Kakak beradik ini tampil berkompetisi dengan marching band dan bahkan meraih medali perak pada suatu kontes di 2018.

Baca juga : AS Ajukan Rancangan Resolusi Gencatan Senjata Sementara di Gaza

Keluarga tersebut juga tampaknya memiliki ikatan kuat dengan keyakinan mereka, bahkan David menghubungkan dirinya di Facebook dengan beberapa organisasi keagamaan, termasuk gereja Komunitas Yesus di Orleans. Gereja tersebut sebelumnya dicirikan oleh CBC Radio Canada sebagai pemujaan Kristen yang misterius dan kejam.

Bushnell juga mengikuti beberapa halaman Facebook keagamaan. Dia juga mengikuti organisasi nirlaba yang berbasis di Ohio yang tampaknya mempromosikan anarki dan kelompok Mahasiswa Keadilan di Palestina Universitas Negeri Kent (KSU). Tidak ada indikasi jelas bahwa Bushnell terhubung langsung dengan KSU.

Dia dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis pada Minggu (25/2), setelah dia menyiramkan minyak dan menyalakan korek api yang membakarnya. Tubuhnya pun terbakar hingga mengalami cedera yang mengancam jiwa.

Baca juga : Veto AS jadi Masalah Voting Gencatan Senjata Gaza di PBB

Bushnell menjelaskan alasan tindakan protes ekstremnya sambil berjalan menuju gedung dan meneriakkan, "Bebaskan Palestina," saat tubuhnya terbakar. Api berkobar lebih dari satu menit sebelum polisi dan petugas keamanan berhasil memadamkannya.

Rekaman videonya menunjukkan Bushnell mendekati kedutaan Israel yang dijaga ketat di International Drive DC sebelum jam 1 siang pada Minggu (25/2). Dia mengenakan seragam tempur dan berbicara ke kamera dengan tongkat selfie. "Nama saya Aaron Bushnell," katanya ke kamera, "Saya anggota aktif Angkatan Udara AS dan saya tidak akan lagi terlibat dalam genosida. Saya akan melakukan aksi protes ekstrem, tetapi dibandingkan dengan yang dialami rakyat Palestina di tangan penjajah, protes ini tidak ekstrem sama sekali. Inilah yang diputuskan oleh kelas penguasa sebagai hal yang normal," paparnya saat berjalan menuju depan kedutaan besar Israel.

Selama lebih dari 30 detik dia berjalan tanpa suara, melewati kedutaan besar Tiongkok di dekatnya dan memegang sebotol cairan terbuka di tangan kirinya. Ketika dia sampai di kedutaan Israel, dia meletakkan kameranya di tanah dan berjalan menuju gerbang, menyiram dirinya dengan cairan sebelum memasang topi dinas di kepalanya.

Baca juga : Houthi: AS dan Inggris Bantu Israel Bantai Warga Gaza di Rafah

Sambil membuang termosnya, Bushnell berusaha menyalakan korek api saat terdengar suara yang menantangnya. Kameranya merekam seorang pria tak terlihat yang bertanya, "Hai Pak, ada yang bisa saya bantu?" saat dia mendekati gerbang kedutaan.

Dua belas detik kemudian terdengar suara bertanya lagi, "Ada yang bisa saya bantu, Pak?" sebelum Bushnell menyalakan korek api dan menyalakan cairan tersebut. Dailymail.com memilih untuk tidak menayangkan rekaman selanjutnya yang menunjukkan Bushnell dilalap api selama lebih dari satu menit sebelum polisi dan staf keamanan berhasil memadamkannya.

Video tersebut memperlihatkan api menyebar ke sekujur tubuhnya, melahap kepalanya sambil terus meneriakkan, "Bebaskan Palestina." Suaranya pecah kesakitan saat api semakin membesar. Dia berhasil berdiri hampir satu menit sebelum jatuh ke tanah.

Baca juga : Joe Biden Lindungi Warga Palestina di AS

Sirene sudah meraung-raung di latar belakang dan seorang pria berpakaian preman menodongkan pistol ke arahnya sementara orang lain menyiramnya dengan alat pemadam kebakaran. Dia dibawa ke rumah sakit oleh DC Fire dan EMS. Sebelum menuju ke kedutaan Israel, Bushnell tampaknya mempromosikan aksi protesnya di Facebook, membagikan tautan ke akun kedutan LillyAnarKitty miliknya, tempat ia menyiarkan langsung demonstrasi tersebut.

"Banyak dari kita bertanya pada diri sendiri, 'Apa yang akan saya lakukan jika saya masih hidup pada masa perbudakan? Atau Jim Crow South? Atau apartheid? Apa yang akan saya lakukan jika negara saya melakukan genosida?'" tulis Bushnell. "Jawabannya adalah, Anda melakukannya. Sekarang."

Video tersebut hanya dilihat oleh beberapa lusin orang di Twitch sebelum dihapus oleh platform tersebut. Namun sejak itu telah dilihat oleh lebih dari satu juta orang di X.

Baca juga : Tekanan Dunia pada Israel Meningkat, Setelah Pembantaian di Rafah

Kedutaan Israel mengeluarkan pernyataan setelah kejadian tersebut yang berbunyi pada Minggu (25/2) sekitar jam 1 siang, seorang pria membakar dirinya di luar Kedutaan Besar Israel di Washington dan dibawa ke rumah sakit dengan ambulans. "Tidak ada staf Kedutaan yang terluka dan selamat," ungkap pernyataan kedutaan itu.

Insiden serupa terjadi pada Desember ketika seorang pengunjuk rasa pro-Palestina membakar diri mereka di luar konsulat Israel di Atlanta. Kepala polisi kota, Darin Schierbaum, menggambarkan insiden tersebut sebagai tindakan protes politik yang ekstrem dan mengatakan bendera Palestina ditemukan di lokasi kejadian. Setidaknya dua orang terluka dalam aksi bakar diri, termasuk seorang satpam yang berusaha turun tangan.

Protes Bushnell terjadi ketika Gedung Putih menghadapi tekanan yang semakin besar atas konflik yang telah berlangsung selama empat setengah bulan dan telah merenggut lebih dari 30 ribu nyawa. (Daily Mail/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat