visitaaponce.com

Menteri ESDM Insentif Konversi Motor Listrik Idealnya Rp9 Juta

Menteri ESDM: Insentif Konversi Motor Listrik Idealnya Rp9 Juta
Pengunjung mencoba kendaraan motor dengan energi listrik dalam suatu pameran.(Antara)

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengusulkan nilai insentif untuk konversi motor listrik lebih dari Rp5 juta per unit, yakni sekitar Rp9 juta. 

Besaran itu untuk meringankan biaya yang harus dirogoh masyarakat saat mengonversi motor konvensional ke motor listrik. Menurutnya, ongkos konversi motor listrik berkisar Rp12 juta-Rp14 juta. 

Jika insentif hanya diberikan Rp5 juta, maka pengguna harus menombok sekitar Rp7-9 juta. Sedangkan dari survei mikro yang dilakukan Kementerian ESDM, warga hanya mau menggelontorkan Rp5 juta untuk mengonversi motor listrik.

Baca juga: Soal Insentif Mobil Listrik, Presiden: Eropa Sudah Melakukannya

"Kita pernah melakukan survei kecil, dari beberapa golongan, guru, petani dan kategori lain. Responsnya itu mereka kalau mau konversi, hanya Rp5 juta yang mereka sanggup," jelas Arifin, Kamis (23/12).

"Ideal nilai insentif itu di antara Rp7 juta hingga Rp9 juta. Kalau bisa lebih banyak lebih bagus," sambungnya.

Baca juga: DPR: Tak ada Alokasi Anggaran Subsidi Kendaraan Listrik untuk 2023

Namun, pemerintah masih menggodok aturan detail pemberian insentif kendaran listrik. Rencananya, disiapkan anggaran Rp5 triliun untuk insentif pembelian mobil listrik sebesar Rp80 juta, Rp40 juta untuk mobil hybrid, Rp8 juta untuk motor listrik baru dan Rp5 juta konversi motor listrik.

Di sisi lain, Arifin mendorong produsen kendaraan listrik di dalam negeri untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan secara masif. Hal tersebut untuk memperluas pasar kendaraan listrik hingga ke daerah.

"Kami mendorong industri dalam negeri untuk develop produk mereka. Secara massal membantu kami mencapai target jumlah pengguna kendaraan listrik," pungkas Arifin.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat