visitaaponce.com

Pahami Investasi Jangka Pendek Ini Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pahami Investasi Jangka Pendek! Ini Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Ilustrasi(Medcom)

MENURUT Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Dalam pelaksanaannya, investasi harus dilakukan dengan pemahaman yang benar agar tidak salah bertindak. Salah satu jenis investasi yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan membiasakan diri dalam investasi adalah dengan investasi jangka pendek. 

Tingkat risiko dari investasi jangka pendek lebih rendah dari jenis investasi lainnya. Namun, Anda dapat merasakan keuntungan yang masih terbilang menjanjikan.

Baca juga: Serap 170 Ribu Tenaga Kerja, Ini Target Ganjar Untuk Investasi Jateng di 2023

Sederhananya, investasi jangka pendek adalah produk investasi yang dilakukan dengan cara menyetor atau menyimpan sejumlah dana pada instrumen investasi tertentu dalam kurun waktu yang singkat. 

Keuntungan dan modal dari investasi tersebut bisa dicairkan dalam waktu relatif singkat, biasanya mulai dari 3 bulan hingga kurang dari 1 tahun saja. 

Dana atau modal dari aktivitas investasi tersebut ada yang sifatnya pendapatan tetap atau pemasukan di setiap periode waktu tertentu, maupun bisa ditransaksikan dan dicairkan.

Keuntungan yang dapat Anda terima dari investasi jangka pendek berasal dari perubahan suku bunganya. Investor mungkin hanya akan bisa mendapatkan imbal hasil yang relatif kecil karena tingkat risiko yang ditanggung juga rendah. 

Investasi jangka pendek dapat menjadi strategi diversifikasi. Strategi diversifikasi adalah meletakkan sejumlah modal investasi pada instrumen atau produk yang memiliki tingkat risiko lebih rendah yang bertujuan untuk meminimalkan risiko kerugian pada portofolio investasi ketika pasar modal tengah tidak stabil atau bergejolak.

Contoh Investasi Jangka Pendek

Deposito

Deposito adalah produk tabungan yang ditawarkan oleh lembaga perbankan dan memiliki cara kerja menyetorkan dana dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Dana tersebut akan dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya. 

Keuntungan yang didapatkan dari investor deposito biasanya berasal dari tingkat bunga yang diberikan dan bersifat tetap hingga masa jatuh tempo. 

Namun, jika nasabah terpaksa harus mengambil dana simpanan deposito sebelum durasinya berakhir, akan ada denda yang harus dibayar dengan nominal sesuai kebijakan pihak perbankan. 

Karena itu, sesuaikan jangka waktu investasi deposito ini dengan kebutuhan agar terhindar dari risiko tersebut.  

Anda juga harus memastikan bahwa lembaga perbankan yang Anda pilih tergabung sebagai anggota LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Reksa Dana

Reksa dana merupakan instrumen investasi dengan cara kerja mengumpulkan modal dari banyak investor sekaligus dan dikelola oleh pihak manajer investasi. 

Reksa dana juga memiliki beberapa jenis seperti reksa dana pasar uang, reksa dana saham, hingga reksa dana campuran. 

Untuk investasi jangka pendek, disarankan untuk memilih produk reksa dana berisiko rendah yakni pasar uang.

SBN atau Surat Berharga Negara

Modal yang dibutuhkan untuk memulai investasi SBN adalah Rp1 juta dan bisa dibeli melalui sejumlah platform. 

Instrumen ini termasuk sebagai favorit investor karena memiliki peluang keuntungan relatif menggiurkan dan aman karena dijamin oleh negara. 

SBN memiliki beberapa jenis yaitu SUN atau Surat Utang Negara, ORI, atau Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN.

P2P Lending

P2P Lending adalah instrumen dimana terjadinya peminjaman modal antarinvestor dengan pihak peminjam. Namun, P2P lending memiliki tingkat risiko yang relatif lebih besar. 

Secara umum, cara kerja dari instrumen ini adalah investor menanam modal pada sejumlah peminjam yang membutuhkan bantuan dana melalui perusahaan fintech. 

Pilihlah perusahaan fintech yang terpercaya dan legal, serta telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Kelebihan Investasi Jangka Pendek

  1. Keuntungan dapat lebih cepat diperoleh
  2. Fleksibel
  3. Bisa digunakan sebagai tabungan untuk dana darurat

Kekurangan Investasi Jangka Pendek

  1. Butuh perhatian khusus
  2. Nilai fluktuatif (OL-1)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat