visitaaponce.com

Legislator Dorong Perbankan Bantu Basmi Rentenir

Legislator Dorong Perbankan Bantu Basmi Rentenir
Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak saat pertemuan dengan BRI, BNI dan PNM di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/2/2023).(Ist/DPR)

DI tengah perekonomian yang mulai bangkit pasca-pandemi, Anggota Komisi VI DPR RI Amin Ak menilai Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sudah bekerja dengan baik untuk hadir di tengah masyarakat. Khususnya untuk meningkatkan kembali geliat perekonomian melalui UMKM. 

Untuk itu, dalam Kunjungan Kerja Reses Komisi VI ke Jawa Timur, Amin mendorong BRI, BNI dan PNM yang merupakan bank dengan segmen nasabah masyarakat menengah ke bawah untuk dapat hadir di tengah masyarakat.

Kehadiran bank-bank tersebut di tengah masyarakat salah satunya adalah untuk bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang marak terjadi di masyarakat, salah satunya permasalahan rentenir.

Dalam hal ini, Amin mendorong Himbara untuk dapat membasmi rentenir di masyarakat. Misalnya dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk meminjam modal. Serta dengan memberikan pendampingan yang masif di tengah-tengah masyarakat.

"Khususnya perbankan ini bagaimana bisa menjawab permasalahan-permasalahan yang terus mungkin akan marak yaitu adanya rentenir-rentenir di masyarakat, termasuk juga peran PMN yang terus kita dorong agar bisa membasmi rentenir di masyarakat," ujarnya usai pertemuan dengan BRI, BNI dan PNM di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/2).

Baca juga: Pertumbuhan Kredit Januari 2023 Capai 10,53%, Turun Dibandingkan Bulan Sebelumnya

Amin menambahkan, pihaknya tak jarang mendengarkan keluhan masyarakat yang meminjam kepada rentenir dengan bunga yang berkali-kali lipat.

Hal tersebut menurutnya menjadi tantangan tersendiri bagi Himbara khususnya yang banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat menengah ke bawah.

"Oleh karena itu hadirnya perbankan baik PNM kemudian BRI ini bagaimana bisa menjawab permasalahan ini, sekarang kan masalahnya dihadapkan pada kondisi pinjam bank itu harus ada agunan, sementara mereka itu tidak ada yang bisa untuk diagunkan," jelas Amin.

"Ini tantangan untuk BRI juga ya, khususnya yang banyak bersentuhan dengan rakyat menengah ke bawah gitu," tutupnya.

Senada, Wakil Ketua Komisi VI Sarmuji mengatakan kehadiran Himbara penting untuk dapat memberikan kemudahan pinjaman modal kepada masyarakat.

"Selama ini (kinerja Himbara) sudah bagus tapi kita ingin lebih bagus lagi karena faktanya di lapangan masih ada rentenir-rentenir yang bergerak dengan memberikan bantuan dalam tanda petik mereka hadir di tengah kesusahan, kemudian memberikan pinjaman, tapi bunganya sangat mencekik," ujar Sarmuji. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat