visitaaponce.com

Mendag Pastikan Kebutuhan Pokok Jelang Puasa dan Lebaran Cukup

Mendag Pastikan Kebutuhan Pokok Jelang Puasa dan Lebaran Cukup
Ilustrasi(MI/Ferdinandus)

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan bahwa ketersediaan bahan pokok (bapok) seperti daging, gula, bawang putih, minyak goreng, dan terigu dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) puasa dan lebaran.

"Stoknya cukup. Saya lagi gencar untuk daging, gula, bawang putih, minyak goreng dan terigu, karena nanti orang ingin bikin kue saat lebaran. Kita lagi kerja keras ini tinggal 18 hari lagi puasa," ujar Mendag dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Lampung, Rabu (1/3).

Mendag melanjutkan, beberapa komoditas impor seperti beras, kedelai, bawang, dan gula sudah tersedia. Namun menurutnya, harga-harga komoditas tersebut pasti akan naik menjelang lebaran.

"Kadang-kadang kalau lebaran itu memang naik sedikit, pedagang kadang-kadang kapan lagi untungnya selain saat seperti ini," ujarnya.

Baca juga: Waspadai Penimbunan akibat Pembatasan Pembelian Minyakita

Lebih lanjut, Mendag juga mengatakan, terdapat komoditas yang memang harus diwaspadai kenaikannya jelang puasa, seperti cabai. Karena saat ini sedang musim hujan dan pastinya stok akan terbatas.

Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Gubernur, Bupati dan Walikota untuk terus memantau perkembangan harga bapok di pasar hingga masa lebaran selesai.

Rapat koordinasi ini dilakukan setiap minggu dan dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator bidang Ekonomi (Menko) Airlangga Hartarto.

"Jadi memang ini ketat, kita dipimpin Menko langsung juga Mendagri tiap minggu, juga ada dana 2 persen anggaran di daerah, cadangan daerah untuk rencana tidak terduga. Jadi kalau harga naiknya terlalu mahal sekali lebih 5 persen pemerintah daerah boleh subsidi ongkosnya," tuturnya. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat