visitaaponce.com

Erick Bersikap Tegas Copot Direktur Pertamina Sudah Saya Peringatkan

Erick Bersikap Tegas Copot Direktur Pertamina: Sudah Saya Peringatkan
Menteri BUMN Erick Thohir(MI/ Susanto)

MENTERI BUMN Erick Thohir bertindak tegas buntut dari kebakaran Depo Pertamina di Plumpang, Jumat (3/3).

Erick memecat Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi.  "Dengan kejadian kemarin kita perlu mengambil tindakan agar semua yang saat ini memimpin di BUMN itu para direksi harus benar-benar menjalankan tugasnya sebaik mungkin," terang Erick Thohir, Rabu (8/3).

Sebelumnya Erick Thohir telah memberikan sinyal kuat untuk melakukan pemecatan direksi jika terbukti melakukan kelalaian yang merugikan masyarakat. Apalagi kelalaian ini hingga menghilangkan nyawa dari masyarakat Indonesia.

“Kalau saya selalu bilang kan saya sudah pernah copot direksi Pertamina kan, kalau musti saya copot lagi ya, saya copot lagi," ujarnya.

Erick Thohir sebelumnya sudah mengingatkan kepada semua jajaran perusahaan-perusahaan BUMN untuk membangun batas aman antara masyarakat seperti pabrik ataupun kilang. Sayangnya, pesan yang disampaikan Erick  tidak mendapat respons hingga akhirnya terjadi kebakaran di depo Pertamina Plumpang.

Untuk itu, ia meminta jajaran petinggi Pertamina untuk segera mengaudit kilang-kilang minyak mana yang berdekatan dengan masyarakat. Ia tidak ingin mendengar alasan dari para petinggi Pertamina sehingga pembangunan buffer zone antara kilang atau pabrik dengan pemukiman masyarakat.

"Sejak awal, saya sudah mengingatkan properti BUMN seperti pabrik dan kilang, harus dalam radius aman dari permukiman warga. Investigasi terus berjalan, tapi evaluasi teknis dan perbaikan yang konkret harus segera dilakukan untuk mencegah musibah," ujar Erick Thohir lewat keterangan yang diteri,a. Rabu (8/3)

"Kita jangan jadi pemimpin yang tidak amanah. Kita tidak punya solusi karena ada yang meninggal. Jangan anggap remeh. Jangan nanti ganti menteri. Ah nanti ganti, nanti nggak inget. Tapi dosa kalian dicatat. Kalau orang meninggal kita berdosa semua loh. Jangan anggap selesai begitu saja," tandasnya.

Adapun Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Santoso mengatakan, Dedi Sunardi menjabat sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor : SK-142/MBU/05/2021 tanggal 3 Mei 2021. Posisi Dedi sementara diisi oleh Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono. (Ant/H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat