visitaaponce.com

Mendag Usul Impor Beras di Tengah Musim Panen Raya

Mendag Usul Impor Beras di Tengah Musim Panen Raya
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan(Antara)

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membuka opsi impor beras dari India di tengah musim panen raya. Langkah tersebut perlu dilakukan guna mencukupi kebutuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Menurutnya, pembelian bisa dilakukan sekarang namun distibusi atau pengiriman ke dalam negeri dilakukan pascamusim panen raya supaya tidak mengganggu stok dan harga di lapangan.

“Maksud saya beli dulu. Nanti masuknya setelah panen raya tidak apa-apa. Jadi Bulog punya stok tapi di India,” ujar Zulkifli dalam acara Seminar Nasional Nagara Institute di Jakarta, Kamis (16/3).

Baca juga: Mendag Pastikan Stok Pangan Tercukupi Jelang Puasa

Usulan untuk impor beras dari India tersebut, diakui Mendag, muncul usai kunjungan kerja ke India beberapa hari lalu. Menurutnya, persoalan pangan merupakan masalah serius yang harus disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Ia juga mengatakan, impor beras bisa menjadi opsi jika pada musim panen raya ini Bulog tidak mampu menyerap gabah dalam jumlah besar untuk memenuhi stok CBP.

Baca juga: Kepala Bapanas: Harga Eceran Tertinggi Beras Segera Diumumkan

“Sekarang stoknya kan tidak ada. Ada tapi tidak banyak. Kita harus punya sampai 1,2 juta ton. Tadi saya tanya panen ini sudah beli berapa Bulog. Baru 35 ribu ton,” ucapnya.

Zulkifli menjelaskan, di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, semua negara produsen beras membatasi akses penjualan. Jika tidak bergegas mengambil mitigasi, ia khawatir stok beras di bulan-bulan mendatang tidak mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Jadi harus siap-siap. Siap-siap itu artinya kita harus punya cadangan di laur negeri kalau sewaktu-waktu diperlukan, nanti ada. Jangan sampai kita mau beli tidak ada barangnya, bukan impor sekarang,” jelas Politisi PAN itu.

Kendati demikian ia menegaskan bahwa impor beras dari India tersebut baru sebatas usulannya dan belum didiskusikan lebih lanjut dengan para pemangku kepentingan terkait. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat