visitaaponce.com

Bakal Beroperasi Penuh, Ini Tarif Tol Becakayu

Bakal Beroperasi Penuh, Ini Tarif Tol Becakayu
Mobil melintas menuju Tol Becakayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu)(ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) menyampaikan dalam waktu dekat Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sepanjang 16,78 kilometer (km) akan dioperasikan secara penuh. Besaran tarif tol yang dipatok mulai dari Rp10.500 untuk golongan I dengan rute terdekat, hingga mencapai Rp28.500 untuk rute terjauh.

Direktur Utama KKDM Aris Mujiono menjelaskan, telah dilakukan uji coba operasional Tol Becakayu sepanjang 16,78 km tanpa tarif pada Jumat (24/3).

"Tercatat kenaikan volume lalu lintas hingga 15.000 kendaraan atau naik 98% dibandingkan hari sebelumnya. Pasca uji coba operasional, tol ini akan beroperasi secara penuh," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (28/3).

Baca juga: Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Siap Layani Pemudik Lebaran 2023

Saat telah beroperasi penuh, jalan Tol Becakayu akan memberlakukan penyesuaian tarif dengan sistem terbuka dengan empat zona tarif. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) tentang tentang Penetapan Perubahan Sistem Pengumpulan Tol, Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 1, 2A dan 2A Ujung.

Aris mengatakan perubahan sistem pengumpulan tarif Tol Becakayu menjadi proporsional zonasi dapat menyeimbangkan antara panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna jalan tol dengan besaran tarif tol.

Baca juga: BPJT: MLFF akan Bantu Kurangi Kemacetan di Gerbang Tol

"Sehingga pengguna jalan akan membayar sesuai dengan zona asal dan tujuannya," ungkapnya.

Adapun besaran tarif Tol Becakayu berdasarkan zona ialah untuk zona 1 dari tol Wiyoto-Wiyono-Jatiwaringin dan sebaliknya dikenakan harga Rp10.500 untuk golongan I, RpRp15.500 untuk golongan II dan III, serta Rp20.500 untuk golongan IV dan V.

Berikutnya, tarif Tol Becakayu di zona 2 dari ruas Wiyoto-Wiyono-Pondok Kelapa dan sebaliknya dikenakan tarif sebesar Rp16.000 untuk golongan I, Rp23.500 untuk golongan II dan III, untuk golongan IV dan V dipatok Rp31.500. Di zona 3 Tol Becakayu dari ruas Wiyoto-Wiyono-Jakasampurna dan sebaliknya, tarif yang dipasang sebesar Rp22.500 untuk golongan I, Rp33.500 untuk golongan II dan III, serta Rp44.500 untuk golongan IV dan V.

Tarif Tol Becakayu di zona 4 dari tol Wiyoto-Wiyono-Marga Jaya dan sebaliknya sebesar Rp28.500 untuk golongan I, Rp43.000 untuk Gol. II dan III, dan Rp57.000 untuk golongan IV dan V. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat