visitaaponce.com

Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Siap Layani Pemudik Lebaran 2023

Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi 15 April, Siap Layani Pemudik Lebaran 2023
Terowongan kembar di Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Sumedang, Jawa Barat.(Antara)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa jalan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu akan difungsikan mulai 15 April 2023 atau dapat digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2023.

Jalan tol sepanjang 62,60 kilometer itu merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

"Jalan Tol Cisumdawu dari Bandung ke (Bandara) Kertajati tanggal 15 (April) tentu policy fungsional atau efektif ada di kewenangan kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tetapi fungsional hampir bisa dipastikan," papar Menhub saat memberikan keterangan pada media seusai menghadiri rapat terbatas soal mudik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/3).

Baca juga : Jumlah Pemudik Diperkirakan Mencapai 123 Juta Orang

Keberadaan tol Cisumwadu, ujarnya, diharapkan dapat mendukung akses menuju Bandara Kertajati yang ada di Majalengka, Jawa Barat. Menhub menyampaikan bahwa ia mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo agar Bandara Kertajati biasa menjadi alternatif salah satu bandara internasional. Sejauh ini bandara di Jawa Barat hanya Husein Sastranegara yang berlokasi di Bandung.

"Tapi pendek (landasan pacunya)," imbuh Menhub.

Baca juga : Cuti Bersama Lebaran Diusulkan Maju Dua Hari

Adapun Bandara Kertajati, terangnya, mempunyai landasan pacu sepanjang lebih dari 3000 meter atau dapat didarati pesawat kargo Antonov yang berbadan besar. Pesawat jenis ini disebut memiliki kapasitas muatan hingga 150 ton sehingga yang diangkut adalah alat berat.

"Sehingga presiden instruksikan konsisten untuk memikirkan bagaimana Kertajati bisa efektif dan bisa mengurangi loaded (muatan) dari Soekarno-Hatta," papar Menhub.

Ia merinci bahwa penerbangan di Soekarno-Hatta (Soetta) sudah mendekati 1100 - 1200 pergerakan sebelum adanya pandemi Covid-19. Saat ini Menhub memperkirakan pergerakan pesawat di sana lebih tinggi. Oleh karena itu, keberadaan Bandara Kertajati akan diefektifkan untuk jemaah umrah atau mengangkut muatan ke luar negeri.

"Berita baik juga bahwa Menteri Agama juga berdiskusi memastikan Kertajati akan dipakai untuk haji," ucap Menhub. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat